EFEKTIVIATAS METODE SUGESTI IMANJINASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS X SMA SANTO THOMAS 3 MEDAN TP 2009/201

Maulina, Dinamayanti (2010) EFEKTIVIATAS METODE SUGESTI IMANJINASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS X SMA SANTO THOMAS 3 MEDAN TP 2009/201. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of Daftar isi.pdf]
Preview
Text
Daftar isi.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of BAB  II terbaru 2.pdf]
Preview
Text
BAB II terbaru 2.pdf - Published Version

Download (848kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Published Version

Download (996kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada keefektifan kemampuan menulis karangan narasi siswa menggunakan metode sugesti imajinasi dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas X SMA Santo Thomas 3 Medan tahun pembelajaran 2009/2010. Populasi adalah siswa kelas X yang berjumlah 224 orang. Dengan pengontrolan yang ketat diambil sampel sebanyak 74 orang dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Instrumen penjaring data adalah penugasan yaitu menulis karangan narasi.
Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79,8 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 70,2 dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Kemudian setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh nilai t0 = 6 kemudian dikonsultasikan dengan table t pada taraf signifikansi 5 % maupun 1 % dengan dk = (N1 – N2) ternyata to yang diperoleh lebih besar dari tt yaitu 6 > 1,998 sehingga hipotesis nol ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode sugesti imajinasi dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: sk-2010 ind
Keywords: Media Lagu, Pembelajaran Tradisional,Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Mar 2017 02:58
Last Modified: 07 Mar 2017 02:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23598

Actions (login required)

View Item
View Item