Maulina, Dinamayanti (2010) EFEKTIVIATAS METODE SUGESTI IMANJINASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS X SMA SANTO THOMAS 3 MEDAN TP 2009/201. Undergraduate thesis, UNIMED.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Daftar isi.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
BAB II terbaru 2.pdf - Published Version
Download (848kB) | Preview
BAB IV.pdf - Published Version
Download (996kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada keefektifan kemampuan menulis karangan narasi siswa menggunakan metode sugesti imajinasi dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas X SMA Santo Thomas 3 Medan tahun pembelajaran 2009/2010. Populasi adalah siswa kelas X yang berjumlah 224 orang. Dengan pengontrolan yang ketat diambil sampel sebanyak 74 orang dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Instrumen penjaring data adalah penugasan yaitu menulis karangan narasi.
Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79,8 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 70,2 dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Kemudian setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh nilai t0 = 6 kemudian dikonsultasikan dengan table t pada taraf signifikansi 5 % maupun 1 % dengan dk = (N1 – N2) ternyata to yang diperoleh lebih besar dari tt yaitu 6 > 1,998 sehingga hipotesis nol ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode sugesti imajinasi dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | sk-2010 ind |
Keywords: | Media Lagu, Pembelajaran Tradisional,Menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Mar 2017 02:58 |
Last Modified: | 07 Mar 2017 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23598 |