Situmeang, Dahriansyah (2010) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN “DAERAH GARONG” KARYA M. SHOIM ANWAR OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIBOLGA TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
KATA PENGATAR.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang lebih efektiif dan
berpengaruh signifikan antara model pembelajaran Cooperatif Learning Tipe
STAD dengan model pembelajaran Belajar Tuntas terhadap kemampuan
menganalisis unsur intrinsik cerpen. Efektifitas model ini dapat dilihat dari
perbedaan hasil pembelajaran/kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen
pada siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sibolga Tahun Pembelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sibolga
Tahun Pembelajaran 2010/2011 yang berjumlah 170 orang. Sampel dalam
penelitian ini diambil secara cluster random yaitu sebanyak 68 orang dari jumlah
populasi.
Metode dalam penelitian ini bersifat eksperimen Post-Test Only Desain
Group. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay. Tes
essay ini berupa soal menganalisis unsur intrinsik cerpen. Tes ini diujikan
sebanyak 2 (dua) kali yaitu Tes Awal dan Tes Akhir. Karena penelitian ini bersifat
komparatif, maka harga skor 2 dibandingkan satu sama lain. Sebelum uji
persyaratan analisis yakni uji normalitas dan uji homogenitas.
Dari pengolahan data, diperoleh hasil kemampuan menganalisis unsur
intrinsik cerpen dengan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe STAD
dengan mean = 82,05, Standar Deviasi = 7,08, dan Standar Error = 1,23, Uji
Normalitas hitung L < tabel L (0,14 < 0,15), sedangkan kemampuan menganalisis
unsur intrinsik cerpen dengan Model Pembelajaran Belajar Tuntas memiliki mean
= 74,55, Standar Deviasi = 6,45, dan Standar Error = 1,12. Standar Error
perbedaan kedua mean Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe STAD
dengan Model Pembelajaran Belajar Tuntas = 1,66. Uji Normalitas hitung L <
tabel L (0,12 < 0,15). Homogenitas semua sampel =1,20 < 1,74. Maka dapat
dihitung nilai o t , o t = 4,51. t t 5% = 2 dan 1% = 2,65 karena o t yang diperoleh
lebih besar dari ttabel, yaitu 2 < 4,51 > 2,65 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan
hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran
Cooperatif Learning Tipe STAD lebih efektif dan dapat meningkatkan
kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen oleh siswa kelas XI SMA Negeri
1 Sibolga Tahun Pembelajaran 2010/2011.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | sk-2010 ind |
Keywords: | Mastery Learning,Model Pembelajaran Cooperatif,STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Mar 2017 02:00 |
Last Modified: | 07 Mar 2017 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23592 |