Pulungan, Annisa Randatika (2017) PENGARUH KEGIATAN SENAM OTAK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-IHSAN TA 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1122113001 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 1122113001 LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
3. NIM 1122113001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4. NIM 1122113001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. NIM 1122113001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM 1122113001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 1122113001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 1122113001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 1122113001 BAB I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
13. NIM 1122113001 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM 1122113001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalah masih rendahnya tingkat konsentrasi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi belajar anak usia 5-6 tahun di Tk Al-Ihsan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen only posstest control grup design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1 dan kelas B2. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 20 orang anak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kegiatan senam otak, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah konsentrasi belajar anak. Instrument pengumpulan data yaitu panduan observasi. Analisis data menggunakan uji-t. dan observasi dilakukan pengobservasian dengan panduan observasi yang telah disediakan. Dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 7,8 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 7, sehingga pengembangan konsentrasi belajar pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 5,3 dengan nilai tertinggi 6 dan nilai terendah 4, sehingga pengembangan konsentrasi belajar pada anak kelas kontrol memperoleh perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis yang menyatakan bahwa thitung (12,40) > ttabel (1,725) pada taraf α = 0,05. Dengan demikian kegiatan senam otak berpengaruh secara signifikan terhadap konsentrasi belajar anak usia 5-6 tahun di TK Al-Ihsan Kec Medan Petisah T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 002 |
Keywords: | Belajar anak; Konsentrasi belajar; Senam otak; Bernyanyi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Mar 2017 03:45 |
Last Modified: | 06 Mar 2017 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23578 |