HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIA DAN XI MIA DI SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P. 2015/2016

Nullah, Bimbi (2016) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIA DAN XI MIA DI SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4122141003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4122141003 COVER.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4122141003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4122141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4122141003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4122141003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4122141003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4122141003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4122141003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4122141003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4122141003 TABLE OF ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4122141003 TABLE OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4122141003 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4122141003 TABLES.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4122141003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4122141003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4122141003 CAPHTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4122141003 CAPHTER 1.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4122141003 CAPHTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4122141003 CAPHTER 5.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4122141003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4122141003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas
penggunaan jejaring sosial dengan hasil belajar biologi siswa kelas X MIA dan XI
MIA di SMA Negeri 1 Sunggal T.P.2015/2016 . Populasinya seluruh siswa kelas
X dan XI MIA SMA Negeri 1 Sunggal T.P.2015/2016 berjumlah 344 orang.
Sampel ditentukan dengan Purposive Sampling, dimana sampel berjumlah 115
orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif dengan
metode survei, dengan lembar pengamatan kegiatan penggunaan jejaring sosial
selama tujuh hari dan soal tes kemampuan kognitif biologi semester dua sebagai
alat pengumpul data. Dari hasil uji persyaratan data diketahui bahwa intensitas
penggunaan jejaring sosial dan hasil belajar biologi siswa berdistribusi secara
normal dan homogen dengan skor rata-rata 79,15 dan standard deviasi 39,976
untuk data intensitas penggunaan jejaring sosial, dan nilai rata-rata 55,48 dengan
standard deviasi 18,7 untuk hasil belajar biologi siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara intensitas
penggunaan jejaring sosial dengan hasil belajar biologi. Hal ini dibuktikan dengan
nilai korelasi -0,461 pada siswa kelas X MIA dan XI MIA serta tidak terdapat
perbedaan intensitas penggunaan jejaring sosial antara perempuan dan laki-laki
maupun antar kelas X MIA dan XI MIA SMA Negeri 1 Sunggal T.P. 2015/2016.
Dapat disimpulkan bahwa kegiatan penggunaan jejaring sosial siswa kelas X MIA
dan XI MIA di SMA Negeri 1 Sunggal T.P.2015/2016 tidak membawa dampak
baik bagi hasil belajar biologi. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman
siswa terhadap pemanfaatan jejaring sosial sebagai media yang seharusnya
meningkatkan kualitas diri seperti hasil belajar biologi, serta kurangnya
pengawasan orang tua serta guru di sekolah terhadap jejaring sosial yang
digunakan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 036
Keywords: intensitas, jejaring sosial, hasil belajar biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Mar 2017 02:49
Last Modified: 06 Mar 2017 03:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23566

Actions (login required)

View Item
View Item