Walvenmars (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123121081_COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4123121081_PENGESAHAN-RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
3. NIM. 4123121081_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM. 4123121081_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 4123121081_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 4123121068_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 4123121081_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 4123121081_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 4123121081_BAB I.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
13. NIM. 4123121081_BAB V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
14. NIM. 4123121081_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 2 Pematang Siantar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain Two Group Pretes-Postes Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas X PIS 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri training dan kelas X PIS 4 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains berjumlah 6 soal dalam bentuk essai; lembar observasi sikap dan lembar observasi KPS. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf α = 0;01.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 20;76 dan kelas kontrol yaitu 19;07 dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 77;74 dan kelas kontrol = 67;95.. Dari hasil pengamatan KPS siswa diperoleh peningkatan. Pada Pertemuan I diperoleh rata-rata 48;22% naik di Pertemuan II menjadi 62;38% dan pada Pertemuan III 62;97% untuk kelas kontrol. Penilaian rata-rata KPS pada Pertemuan I 45;71% meningkat diPertemuan II menjadi 77;77% dan di Pertemuan III 86;98% untuk kelas eksperimen. Hasil analisis uji t satu pihak diperoleh thitung = 5;215 dan ttabel = 2;382; sehingga thitung > ttabel; maka Ho ditolak dan Ha diterima . Hasil nya Keterampilan Proses Sains siswa akibat pengaruh model pembelajaran inkuiri training mempengaruhi hasil belajar siswa dan lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi pokok suhu dan kalor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 045 |
Keywords: | Model pembelajaran; Inkuiri training; Keterampilan proses sains siswa; Penilaian sikap |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Mar 2017 08:55 |
Last Modified: | 03 Mar 2017 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23555 |