PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DENGAN TIPE TPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM SIRKULASI SMA NEGERI 1 SIEMPATNEMPU KABUPATEN DAIRI T.P 2016/2017

Silaban, Rina Mariana (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DENGAN TIPE TPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM SIRKULASI SMA NEGERI 1 SIEMPATNEMPU KABUPATEN DAIRI T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4122141013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4122141013 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4122141013 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4122141013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4122141013 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4122141013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4122141013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4122141013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4122141013 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4122141013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4122141013 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4122141013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4122141013 TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4122141013 TABLE.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4122141013 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4122141013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4122141013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4122141013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4122141013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4122141013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4122141013 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4122141013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan model pembelajaran TPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang ada di SMA Negeri 1 Siempatnempu T.P 2016/2017 yang terdiri dari 61 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunkan sampel total, sebanyak 2 kelas. Kelas XI IPA1 berjumlah 30 yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (cooperative Integrated Reading and Composition) dan kelas XI IPA2 berjumlah 31 orang yang diajarkan menggunakan model pembelajaran tipe TPS (Think Pair and Share). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa instrumen tes yang terdiri dari 20 butir soal berbentuk pilihan ganda, yang diberikan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata postes untuk kelas TPS adalah 39,35484 sedangkan rata-rata postes untuk kelas CIRC adalah 33,5. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel (2,13 > 2,00). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan model TPS dan model CIRC pada materi sistem sirkulasi dikelas XI SMA Negeri 1 Siempatnempu T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 034
Keywords: Hasil belajar; Model TPS (think pair and share); Model CIRC (cooperative integrated reading and composition)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Mar 2017 07:43
Last Modified: 03 Mar 2017 07:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23550

Actions (login required)

View Item
View Item