Nasution, Yunita Selpia (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KEPALA BADAN TANGAN KAKI (KBTK) TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR KARIKATUR DI KELAS X IPA 1 MAN SIBUHUAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2122151010 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM. 2122151010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
3. NIM. 2122151010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM. 2122151010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
5. NIM. 2122151010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM. 2122151010 TABLES.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7. NIM. 2122151010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 2122151010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
9. NIM. 2122151010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
13. NIM. 2122151010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM. 2122151010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh metode
pembelajaran Kepala, Badan, Tangan Kaki (KBTK) dengan menggambar
karikatur terhadap hasil belajar siswa pada materi menggambar. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA MAN Sibuhuan.
Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh
sampel penelitian yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen diberi
metode Kepala, Badan, Tangan Kaki (KBTK) dengan menggambar karikatur
dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol diberi metode konvensional. Metode
pengumpulan data yang digunakan antara lain metode dokumentasi,
observasi dan tes perbuatan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata
nilai post-test kelas eksperimen dan kontrol sebesar 82 dan 76. Hasil uji
perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata nilai pos-test kelas
eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Analisis pengaruh
terhadap hasil belajar siswa diperoleh koefisien korelasi koefisien
determinasi (KD) sebesar 49%. Hasil deskriptif menunjukkan bahwa kelas
eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini
adalah penerapan metode pembelajaran Kepala, Badan, Tangan Kaki (KBTK)
menggambar karikatur berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 RUPA 011 |
Keywords: | Metode KBTK,Hasil Belajar,Mengambar Karikatur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC997 Commercial art. Advertising art |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Mar 2017 04:34 |
Last Modified: | 03 Mar 2017 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23543 |