Panjaitan, Hendrikson R. (2017) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 MEDANTAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123111028 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM 4123111028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
3. NIM. 4123111028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
4. NIM. 4123111028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 4123111028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 4123111028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7. NIM. 4123111028 TABLES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
8. NIM. 4123111028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
9. NIM. 4123111028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
13. NIM. 4123111028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
14. NIM. 4123111028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran kooperatif tipe TPSDi Kelas VII SMP Negeri 23 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII-7 dengan banyak siswa 31 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif tipe TPS pada materi bentuk bilangan pecahan di kelas VII SMP Negeri 23 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran dan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I banyaknya siswa yang memiliki persentase aktivitas ≥ 70% secara klasikal adalah 4 siswa (12,90%) dan di akhir siklus II meningkat hingga mencapai 26 siswa (83,87%). Dari akhir siklus II diperoleh bahwa persentase aktivitas aktif siswa telah memenuhi kriteria keaktifan klasikal yaitu ≥ 75% siswa memiliki persentase aktivitas ≥ 70%. Hasil analisis tes hasil belajar yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan I dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS hasil belajar (≥ 70) secara klasikal masih belum tercapai karena hanya 19 siswa (61,29%) yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 70,484. Setelah pelaksanaan tindakan siklus II, hasil belajar siswa (≥ 70) secara klasikal telah tercapai yaitu 30 siswa (93,5%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 82,742. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 70,97%. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II adalah 30,21%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 041 |
Keywords: | Pembelajaran matematika; Aktivitas belajar; Model pembelajaran; Materi bilangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Mar 2017 03:08 |
Last Modified: | 03 Mar 2017 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23529 |