Hakim, Abdul (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI THINK-TALK–WRITE DI KELAS VIII-1 MTs AL-JAM’IYATUL WASHLIYAH TEMBUNG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.41222111001 Cover Hakim.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 4122111001 Lembar Pengesahan Hakim.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
3. NIM 41222111001 Kata Pengantar Hakim.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. NIM 41222111001 Daftar Isi Hakim.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
5. NIM 41222111001 Daftar Gambar Hakim.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
6. NIM 41222111001 Daftar Tabel Hakim.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM 4122111001 Daftar Lampiran Hakim.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
8. NIM 4122111001 Abstrak Hakim.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM 4122111001 BAB I Hakim.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
13. NIM 4122111001 BAB V Hakim.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
14. NIM 4122111001 DAFTAR PUSTAKA Hakim.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk–Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi SPLDV di Kelas VIII Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung yang berjumlah 27 orang. Objek penelitin ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran model Think-Talk–Write untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas pencapaian waktu ideal aktivitas aktif siswa pada siklus I dan siklus II. Tes hasil kemampuan pemecahan masalah matematika yang berbentuk uraian yaitu tes awal sebanyak 4 soal. Tes hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siklus I sebanyak 4 soal dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa siklus II terdiri dari 4 soal. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh data Kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan model TPS pada siklus I dari 26 siswa terdapat 1 orang siswa atau 3,85% yang memiliki kemampuan rendah, dan 25 orang siswa atau 96,15% memiliki kemampuan sangat rendah dan 1 siswa tidak hadir. Pada siklus II terdapat 17 siswa dari 27 siswa atau 62,96% yang memiliki kemampuan tinggi, 6 siswa atau 22,22% yang memiliki kemampuan sedang, 2 siswa atau 7,4% yang memiliki kemampuan rendah, 1 siswa atau 3,7% yang memiliki kemampuan sangat rendah dan 1 siswa tidak hadir. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah tuntas belajar, karena terdapat 85% siswa yang memiliki tingkat ketuntansan klasikal. Dari hasil analisis siklus I dan siklus II tersebut dapat dilihat bahwa kriteria kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ini telah mencapai target dan mengalami peningkatan dalam mempelajari materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan menerapkan model Think-Talk–Write. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Think-Talk–Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa khususnya pada pokok bahasan persamaan dua variabel di kelas VIII Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung dimana peningkatan diperoleh setelah siklus II dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 048 |
Keywords: | Pembelajaran matematika; Strategi pembelajaran; Think-talk-write; Teori belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Mar 2017 03:00 |
Last Modified: | 03 Mar 2017 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23526 |