Ndraha, Doni Ardi Yunus (2017) STUDI KORELASIONAL KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN KECERDASAN MATEMATIS TERHADAP HASIL BEAJAR PAKET KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN PADA SISWA SMK MULTI KARYA. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5123121007 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
02. NIM 5123121007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (657kB) | Preview
03. NIM 5123121007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
04. NIM 5123121007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
05. NIM 5123121007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
06. NIM 5123121007 TABLES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
07. NIM 5123121007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08. NIM 5123121007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
09. NIM 5123121007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
13. NIM 5123121007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
14. NIM 5123121007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan antara kecerdasan visual spasial dan kecerdasan matematis dengan hasil belajar mata pelajaran paket keahlian teknik pemesinan (teknik gambar manufaktur, teknik pemesinan bubut, dan teknik pemesinan frais) siswa kelas XI kompetensi keahlian teknik pemesinan SMK Multi Karya tahun ajaran 2016/2017 pada semester ganjil. Metode penelitian bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Multi Karya berjumlah 25 orang, sedangkan sampel penelitian adalah semua populasi. Data penelitian ini dikumpulkan dengan tes dan dokumentasi, dimana data penelitian yang dijaring dengan tes adalah variabel Kecerdasan Visual Spasial dan Kecerdasan Matematis, sedangkan untuk variabel Hasil Belajar Paket Keahlian Teknik Pemesinan dijaring dengan menggunakan dokumentasi. Instrumen kecerdasan visual spasial sebanyak 24 butir dan 20 butir yang valid dengan reliabilitas 0,830 tergolong sangat tinggi, sedangkan instrumen tes kecerdasan matematis sebanyak 30 butir dan 25 butir yang valid dengan reliabilitas 0,865 tergolong sangat tinggi. Hasil analisis antara kecerdasan visual spasial dengan hasil belajar paket keahlian teknik pemesinan menunjukkan korelasi product momen kecerdasan visual spasial 0,8518 (sangat kuat). Kemudian hasil analisis antara kecerdasan matematis dengan hasil belajar paket keahlian teknik pemesinan menunjukkan korelasi product momen kecerdasan matematis 0,856 (sangat kuat) dan hubungan antara kecerdasan visual spasial dan kecerdasan matematis secara bersama-sama dengan hasil belajar paket keahlian teknik pemesinan menunjukkan korelasi 0,8863 (sangat kuat). Dengan demikian dapat di simpulkan apabila guru meningkatkan kecerdasan visual spasial dan kecerdasan matematis siswa, maka hasil belajar paket keahlian teknik pemesinan juga meningkat. Salah satu aktivitas untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial adalah dengan mengembangkan kemampuan untuk memberi perhatian pada detail visual dan kecerdasan matematis dengan cara bermain logika dan permainan strategi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MES 027 |
Keywords: | Kecerdasan visual spasial; Kecerdasan matematis; Hasil belajar paket keahlian teknik pemesinan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Mar 2017 02:44 |
Last Modified: | 02 Mar 2017 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23459 |