Tambunan, Irwan RS (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X DI SMK SWASTA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5122131016 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM 5122131016 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
3. NIM 5122131016 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4. NIM 5122131016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM 5122131016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6. NIM 5122131016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM 5122131016 TABELS.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. NIM 5122131016CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
12. NIM 5122131016CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM 5122131016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk yaitu media pembelajaran interaktif dasar dan pengukuran listrik pada materi pokok pengukuran besaran lsitrik. Media pembelajaran termasuk hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, media pembelajaran yang baik sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar. Penulis mencoba mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia yang dapat digunakan dalam bentuk software media pembelajaran yang dibuat menggunakan Lectora Inspire. Penulis mengembangkan media pembelajaran bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran dan juga memudahkan pengajar dalam menyampaikan pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Imelda Medan,Jalan Bilal No:52 Pulo Brayan Kec.Medan Timur , Sumatera Utara di kelas X TITL SMK Swasta Imelda Medan pada bulan Februari Desember 2016. Variabel dalam penelitian ini adalah Pengembangan Media Pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik. Sedangkan sample penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Swasta Imelda Medan . Secara umum, penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Develovment, Implementation, Evaluation) denganlangkah-langkah mengunakan metode penelitian Reasearch and Development (R&D). Pengertian penelitian dan pengembangan tertuju pada proses, penelitian tidak menghasilkan objek, sedangkan pengembangan menghasilkan objek yang dapat dilihat dan diraba. Dari data yang diperoleh melalui angket yang ada, secara keseluruhan responden menilai software media pembelajaran sangat menarik, kreatif juga terstruktur dan memenuhi indikator kelayakan sebesar 4,4 dari para ahli media, 4,3 dari ahli materi dan 4,23 dari para siswa atau dalam kriteria Sangat Baik. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran sangat baik dilakukan melihat dari penilaian para responden dan juga tanggapan positif dan mendukung untuk media pembelajaran berbasis software media pembelajaran ini. Para siswa menyukai pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik.