PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN (MODELLING THE WAY) DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Pasaribu, Usman (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN (MODELLING THE WAY) DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5122121009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5122121009 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5122121009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5122121009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5122121009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5122121009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 5122121009 PREPACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM 5122121009 PREPACE.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 5122121009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM 5122121009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 5122121009 TABLES.pdf]
Preview
Text
6 NIM 5122121009 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 5122121009 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7 NIM 5122121009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 5122121009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8 NIM 5122121009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of 12 NIM 5122121009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12 NIM 5122121009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 5122121009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13 NIM 5122121009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Menggambar Teknik Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran (Modelling The Way) Dan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental, dimana dalam pelaksanaannya diberikan perlakuan (treatment) kepada kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X (sepuluh) Program Keahlian Teknik Permesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang mengikuti Mata Pelajaran Menggambar Teknik yang berjumlah tiga kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas yang mempunyai tingkat kemampuan awal yang sama (homogen) yang diukur melalui pretest. Dari hasil analisis data pretest didapat bahwa ketiga kelas merupakan kelas yang homogen yang kemudian ketiga kelas diundi untuk menentukan kelas penelitian. Dari hasil undian didapat kelas eksperimen (Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Modelling The Way) adalah kelas X TP1 dengan jumlah 32 orang, dan kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran inkuiri) adalah kelas X TP2 dengan jumlah 33 orang. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 65 orang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Menggambar Teknik antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Active Learning Tipe Modelling The Way dan menggunakan model pembelajaran inkuiri, dimana hasil belajar Menggambar Teknik kelas Eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar kelas Kontrol. Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran Active Learning Tipe Modelling The Way dan kelas Kontrol (menggunakan model pembelajaran inkuiri). Hal ini terlihat dari nilai thitung (3.14) > ttabel (1.59).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MES 026
Keywords: Model pembelajaran; Active learning tipe modelling the way; Inkuiri; Hasil belajar menggambar teknik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Mar 2017 08:44
Last Modified: 01 Mar 2017 08:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23437

Actions (login required)

View Item
View Item