Pasaribu, Usman (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN (MODELLING THE WAY) DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5122121009 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM 5122121009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
3. NIM 5122121009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4 NIM 5122121009 PREPACE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5 NIM 5122121009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6 NIM 5122121009 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7 NIM 5122121009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8 NIM 5122121009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
12 NIM 5122121009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
13 NIM 5122121009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Menggambar Teknik Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran (Modelling The Way) Dan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental, dimana dalam pelaksanaannya diberikan perlakuan (treatment) kepada kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X (sepuluh) Program Keahlian Teknik Permesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang mengikuti Mata Pelajaran Menggambar Teknik yang berjumlah tiga kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas yang mempunyai tingkat kemampuan awal yang sama (homogen) yang diukur melalui pretest. Dari hasil analisis data pretest didapat bahwa ketiga kelas merupakan kelas yang homogen yang kemudian ketiga kelas diundi untuk menentukan kelas penelitian. Dari hasil undian didapat kelas eksperimen (Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Modelling The Way) adalah kelas X TP1 dengan jumlah 32 orang, dan kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran inkuiri) adalah kelas X TP2 dengan jumlah 33 orang. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 65 orang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Menggambar Teknik antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Active Learning Tipe Modelling The Way dan menggunakan model pembelajaran inkuiri, dimana hasil belajar Menggambar Teknik kelas Eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar kelas Kontrol. Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran Active Learning Tipe Modelling The Way dan kelas Kontrol (menggunakan model pembelajaran inkuiri). Hal ini terlihat dari nilai thitung (3.14) > ttabel (1.59).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MES 026 |
Keywords: | Model pembelajaran; Active learning tipe modelling the way; Inkuiri; Hasil belajar menggambar teknik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Mar 2017 08:44 |
Last Modified: | 01 Mar 2017 08:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23437 |