Harahap, Sangkot Abdullah Efendi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU UKUR TANAH SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.-NIM.-5113311023.- COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2.-NIM.-5113311023.- APPROVAL-SHEET.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
3.-NIM.-5113311023.- ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4.-NIM.-5113311023.- PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5.-NIM.-5113311023.- TABLE-OF-CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6.-NIM.-5113311023.- TABLE.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
7.-NIM.-5113311023.- ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8.-NIM.-5113311023.- APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9.-NIM.-5113311023.- CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
13.-NIM.-5113311023.- CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14.-NIM.-5113311023.- BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar Ilmu Ukur Tanah. Populasi penelitian adalah siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 64 siswa. Sampel dalam penelitian adalah kelas TGBB sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan sebagai pembanding adalah kelas TGBA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa. Variabel penelitian ada dua yaitu model pembelajaran Group Investigation dan model pembelajaran Direct Instruction sebagai variable bebas dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah sebagai variable terikat. Sebelum penelitian ini dilaksanakan instrument penelitian terlebih dahulu diuji cobakan dilanjutkan dengan uji validitas menggunakan rumus Korelasi Point Biserial dan uji reliabilitas digunakan rumus K-R20.Instrumen tes hasil belajar Ilmu Ukur Tanah yang valid diperoleh 30 butir dari 35 butir tes yang diuji cobakan dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,931. Dari perhitungan uji-t diperoleh bahwa thitung= 2,556 > ttabel= 1,671, berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar, dengan kata lain model pembelajaran Group Investigation memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar Ilmu Bahan Ukur Tanah pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 019 |
Keywords: | Model pembelajaran group investigation; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Mar 2017 07:33 |
Last Modified: | 01 Mar 2017 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23417 |