Sari, Dewi Wida (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PENGAWETAN BAHAN NABATI SISWA KELAS X SMA NEGERI 20 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5111542003 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM. 5111542003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 5111542003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4. NIM. 5111542003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
5. NIM. 5113342016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
6. NIM. 5111542003 TABLES.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
7. NIM. 5111542003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 5111542003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
9. NIM. 5111542003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
13. NIM. 5111542003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 5111542003_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar pengawetan bahan nabati sebelum diberi model pembelajaran Snowball Throwing (2) Untuk mengetahui hasil belajar pengawetan bahan nabati yang diberi model pembelajaran Snowball Throwing (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar pengawetan bahan nabati. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMA Negeri 20 Medan yang mendapatkan materi pengawetan bahan nabati pada mata pelajaran Prakarya yaitu sebanyak 4 kelas yang berjumlah 160 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada materi pengawetan bahan nabati dengan model pembelajaran Snowball Throwing diperoleh skor rata-rata sebesar 26,90 dan standar deviasi 2,51 dengan tingkat kecenderungan nilai yang cukup sebesar 52,5% yaitu Mi = 27 dan Sdi = 2, sedangkan dikelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional diperoleh skor rata-rata 24,70 dengan standar deviasi 2,75 dengan tingkat kecenderungan nilai yang kurang 42,5% yaitu Mi = 25 dan Sdi = 2. Peningkatan hasil belajar kelas Snowball Throwing dengan kelas konvensional sebesar 6,11 persen. Berdasarkan hasil uji normalitas data dinyatakan berdistribusi normal. Dari hasil perhitungan uji homogenitas dinyatakan data homogen, dimana Fhitung < Ftabel (1,198 < 1,72). Sementara berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan ᾱ = 0,05 dimana hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (3,751 > 1,667), maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar pengawetan bahan nabati pada siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BOGA 005 |
Keywords: | Model pembelajaran snowball throwing; Hasil belajar pengawetan bahan nabati |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Mar 2017 04:20 |
Last Modified: | 01 Mar 2017 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23404 |