Rangkuti, Arnita (2017) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI NO. 050771 PANGKALAN SUSU T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. cover.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
02. lembar persetujuan dan pengesahan.pdf - Published Version
Download (768kB) | Preview
03. abstrak.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
04. kata pengantar.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
05. daftar isi.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
06. daftar tabel.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. daftar gambar.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. bab I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
13. bab V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah aktivitas pembelajaran siswa yang masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan aktivitas siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan model pemebelajaran Cooperative Tipe Make A Match di kelas IV SD Negeri No. 050771 Pangkalan Susu T.A.2016/2017.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas IV SD Negeri No. 050771 Pangkalan Susu. Objek aktivitas belajar siswa, sedangkan pembelajaran menggunakan model Cooperative Tipe Make A Match untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian pada pra siklus, berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa secara individu, sebanyak 14 siswa(41,17 %) termasuk kriteria aktivitas belajar sedang, dan sebanyak 20 siswa(58,82%) termasuk kriteria aktivitas belajar rendah,kemudian secara klasikal 0%. hasil penelitian pada siklus I pertemuan I, berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa secara individu,sebanyak 16 siswa (47,05%) termasuk kriteria aktivitas belajar sedang, dan sebanyak 18 siswa (52,94%) termasuk kriteria aktivitas belajar rendah, kemudian secara klasikal 0%. Pada siklus I pertemuan II,sebanyak 6 siswa (17,64%) termasuk kriteria aktivitas belajar tinggi, 27 siswa (79,41%) termasuk kriteria aktivitas belajar siswa sedang dan 1 siswa (2,94%) termasuk kriteria aktivitas belajar siswa rendah, kemudian secara klasikal 17,64%. Hasil penellitian pada siklus II pertemuan I, berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa secara individu, sebnyyak 2 siswa (5,88%) termasuk kriteria aktivitas belajar sangat tinggi, sebanyakk 25 siswa (73,52%) termasuk kriteria aktivitas belajar tinggi, dan 7 siswa ( 20,58%) termasuk kriteria sedang, kemudian secara klasikal 79,41%. Pada siklus II pertemuan II, sebanyak 25 siswa (73,52%) termasuk kriteria aktivitas belajar siswa sangat tinggi, 9 siswa (26,47%) termasuk kriteria aktivitas belajar siswa tinggi dan kemudian secara klasikal 100%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 004 |
Keywords: | Belajar, IPA, Materi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Mar 2017 04:13 |
Last Modified: | 01 Mar 2017 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23401 |