Tarigan, Dea Valencia (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI SMK SWASTA BUDI SETIA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM.6123111027 Cover.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
02. NIM.6123111027 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
03. NIM.6123111027 ABSRATRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
04. NIM.6123111027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
05. NIM.6123111027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
06. NIM.6123111027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
07. NIM.6123111027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
08. NIM.6123111027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
09. NIM.6123111027 BAB I.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
14. NIM.6123111027 BAB V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM.6123111027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli
dengan menggunakan penerapan variasi pembelajaran pada siswa kelas XI SMK SWASTA
BUDI SETIA Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis
penelitian tindakan kelas. (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Adapun subjek penelitian
adalah kelas XI SMK yang berjumlah 30 orang siswa dengan komposisi laki-laki berjumlah 6
orang dan perempuan berjumlah 24 orang.
Setelah penenlitian dilakukan maka terkumpul data yaitu : (1) Dari hasil tes belajar sebelum
mengadakan variasi pembelajaran data awal diperoleh 13 orang siswa (43,33%) yang sudah
tuntas dalam belajar dan 17 orang siswa (56,66%) yang belum tuntas dalam belajar.
Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menerapkan variasi pembelajaran. (2) Dari tes
hasil belajar dengan menerapkan variasi pembelajaran, maka pada siklus I diperoleh data
bahwa 20 orang siswa (66,67%) yang sudah tuntas dalam belajar dan 10 orang siswa
(33.32%) yang belum tuntas dalam belajar. Maka melihat masih banyak siswa yang belum
tuntas dilakukanlah siklus II. (3) Dari hasi tes belajar pada siklus II maka diperoleh 27 orang
siswa (90,00%) yang sudah tuntas dalam belajar dan 3 orang siswa (10,00%) yang belum
tuntas dalam belajar. Dari perolehan data pada data awal, siklus I dan siklus II terjadi
peningkatan yang sangat signifikan yaitu 23,33%.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan
penerapan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Passing bawah bola voli
pada siswa kelas XI SMK SWASTA BUDI SETIA Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 035 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar, Bola Voli |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Mar 2017 02:19 |
Last Modified: | 01 Mar 2017 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23379 |