Simamora, Feronika (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X DI SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341034 COVER.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
2. NIM. 7123341034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
4. NIM 7123341034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
3. NIM 7123341034 PREPACE.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. NIM 7123341034 CONTENT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
6. NIM 7123341034 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM 7123341034 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM 7123341034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM 7123341034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
13. NIM 7123341034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM 7123341034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah “Apakah hasil belajar kewirausahaan yang
diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi
dibandingkan dengan hasil belajar kewirausahaan yang diajarkan dengan model
pembelajaran Numbered Heads Together pada siswa kewirausahaan kelas X
ADM di SMK Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini
dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pantai Cermin yang beralamat di Jln. Menang No
1 Kecamatan Pantai Cermin Kab. Serdang Bedagai dengan populasi yang terdiri
dari seluruh kelas X ADM yang berjumlah dua kelas. Pengambilan sampel
dilakukan secara total sampling. Artinya seluruh populasi dijadikan sampel dalam
penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar
kewirausahaan siswa berupa tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 item
soal, setiap soal memiliki 5 jawaban (a,b,c,d,e) dimana soal yang dijawab benar
diberi skor 1 dan soal yang dijawab salah diberi skor 0. Tehnik analisis data
digunakan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors, uji homogenitas
dengan menggunakan uji F, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf
signifikan (taraf kepercayaan) alpha 0,05.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata post test siswa kelas
eksperimen I = 84,5 dengan standar deviasi = 7,90 dan nilai rata-rata post test
kelas eksperimen II = 77,37 dengan standar deviasi 7,92. Hipotesis penelitian ini
diuji dengan uji t dan diperoleh thitung = 4,036 sedangkan ttabel sebesar = 1,667 pada
taraf signifikan 95 % dan α = 0,05 yang berarti hipotesis diterima.
Dengan demikian berdasarkan hasil perhitungan di atas dapat disimpulkan
bahwa hasil belajar siswa kewirausahaan yang diajarkan dengan menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning dengan Numbered Heads Together
lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kewirausahaan kelas X ADM di
SMK Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 007 |
Keywords: | Model pembelajaran Problem Based Learning, Numbered Heads Together, Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 06:29 |
Last Modified: | 28 Feb 2017 06:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23361 |