Sihaloho, Frans Aquino (2017) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN SENSE OF HUMOR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN SISWA KELAS XISMK NEGERI 1 SIDIKALANG T.P.2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341035 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7123341035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
3. NIM. 7123341035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 7123341035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM. 7123341035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
6. NIM. 7123341035 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 7123341035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7123341035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 7123341035 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
13. NIM. 7123341035 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 7123341035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Lingkungan Belajar dan Sense of Humor Guru terhadap prestasi belajar pada Mata Pelajaran Kearsipan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidikalang T.P. 2016/2017. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan sense of humor guru terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran kearsipan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidikalang T.P. 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sidikalang yang beralamat di Jalan Ahmad Yani, No 136 Batang Berruh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-AP di SMK Negeri 1 Sidikalang T.P. 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling, yaitu seluruh anggota populasi sebanyak 89 siswa dijadikan sebagai sampel, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur lingkungan belajar dan sense of humor guru berupa angket. Validitas tes diuji dengan menggunakan product moment dengan hasil dari masing-masing variabel lingkungan belajar dan sense of humor guru dinyatakan 25 soal valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk reliabilitas Lingkungan belajar adalah sebesar 0,723>0,294 (rhitung>rtabel) dan untuk sense of humor guru sebesar 0,706>0,294 (rhitung>rtabel).
Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linear berganda Y= 5,932 + 0,773X1 + 0,432X2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t pada taraf signifikan alpha 5%, hasil yang diperoleh menunjukkan lingkungan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dimana thitung>ttabel (7,321>1,663). Dan Sense of humor guru berpengaruh secara siginifikan terhadap prestasi belajar dimana thitung>ttabel (5,327>1,663). Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan variabel lingkungan belajar dan sense of humor guru terhadap prestasi belajar kearsipan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidikalang T.P. 2016/2017 dengan nilai Fhitung>Ftabel (89,053>3,10).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar dan sense of humor guru berpengaruh terhadap prestasi belajar kearsipan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidikalang T.P. 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 009 |
Keywords: | lingkungan belajar, sense of humor guru dan prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 06:25 |
Last Modified: | 28 Feb 2017 06:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23360 |