Afriyanti, Aulia (2017) ANALISA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP DAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121131003 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4121131003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM 4121131003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
6. NIM 4121131003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
7. NIM 4121131003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
8. NIM 4121131003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
9. NIM 4121131003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
10. NIM 4121131003 BAB I.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
14. NIM 4121131003 BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15. NIM 4121131003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media peta konsep dan macromedia flash pada materi konsep mol; dan mengetahui korelasi antara hasil belajar dengan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah melalui media peta konsep dan macromedia Flash; Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan semester II T.A. 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan yang terdiri dari 6 (enam) kelas. Sampel ditetapkan dengan teknik sampling purposif yang karakteristik populasinya harus tercermin dalam sampel. Dari enam kelas diambil dua kelas yang akan dijadikan sampel dalam penelitian ini. Pada kelas eksperimen satu dibelajarkan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media peta konsep dan pada kelas eksperimen 2 dibelajarkan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah meggunakan macromedia flash. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang valid dan reliabel. Sebagai prasyarat uji hipotesis hasil belajar kedua kelompok sampel diuji homogenitas dan uji normalitas dengan menggunakan uji homogenitas dua kelompok sampel pada program Microsoft excel Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua kelompok sampel berdistribusi homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak. Berdasarkan uji hipotesis hasil belajar dan aktivitas belajar siswa diperoleh kesimpulan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berabsis masalah dengan media peta konsep dan dengan menggunakan macromedia flash; ada peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media peta konsep dan dengan macromedia flash; ada korelasi antara hasil belajar dan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media peta konsep; ada korelasi antara hasil belajar dan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan macromedia flas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2017KIM007 |
Keywords: | hasil belajar; aktivitas belajar; PBL; peta konsep; macromedia flash; konsep mol |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 04:34 |
Last Modified: | 28 Feb 2017 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23356 |