Silaban, Rina Mariana (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DENGAN TIPE TPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM SIRKULASI SMA NEGERI 1 SIEMPATNEMPU KABUPATEN DAIRI T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122141013 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4122141013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
3. NIM. 4122141013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
4. NIM. 4122141013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. NIM. 4122141013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 4122141013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7. NIM. 4122141013 TABLE.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM. 4122141013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
9. NIM. 4122141013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
13. NIM. 4122141013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 4122141013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan model pembelajaran TPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang ada di SMA Negeri 1 Siempatnempu T.P 2016/2017 yang terdiri dari 61 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunkan sampel total, sebanyak 2 kelas. Kelas XI IPA1 berjumlah 30 yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (cooperative Integrated Reading and Composition) dan kelas XI IPA2 berjumlah 31 orang yang diajarkan menggunakan model pembelajaran tipe TPS (Think Pair and Share). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa instrumen tes yang terdiri dari 20 butir soal berbentuk pilihan ganda, yang diberikan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata postes untuk kelas TPS adalah 39,35484 sedangkan rata-rata postes untuk kelas CIRC adalah 33,5. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel (2,13 > 2,00). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan model TPS dan model CIRC pada materi sistem sirkulasi dikelas XI SMA Negeri 1 Siempatnempu T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2017BIO034 |
Keywords: | hasil belajar; model tps (think pair and share); model circ (cooperative integrated reading and composition) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 03:42 |
Last Modified: | 28 Feb 2017 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23346 |