Waruwu, Jefri S. (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA SMP KELAS VII TP. 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER-JEFRI SETIADI WARUWU-NIM. 8146175017.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. PENGESAHAN+PERSETUJUAN+PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: Keterampilan Proses Sains siswa yang diajarkan dengan model Inquiry Training Berbantuan Macromedia Flash lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional, Keterampilan Proses Sains siswa yang memiliki Kemampuan Berpikir Logis diatas rata-rata lebih baik dari siswa yang memiliki Kemampuan Berpikir Logis dibawah rata-rata, dan ada interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training berbantuan Macromedia Flash dengan Kemampuan Berpikir Logis dalam meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa. Metode Penelitian ini adalah quasi eksperimen atau perlakuan terhadap dua variabel (kelas) menggunakan siswa SMP Negeri 4 Gunungsitoli sebagai populasi dan memilih sampel kelas VIII secara cluster random sampling. Satu kelas sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Training berbantuan Macromedia Flash dan kelas yang lain sebagai kelas kontrol melalui penerapan pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes Keterampilan Proses Sains dan tes Kemampuan Berpikir Logis. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Keterampilan Proses Sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training berbantuan Macromedia Flash lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Konvensional, Keterampilan Proses Sains siswa yang memiliki Kemampuan Berpikir Logis diatas rata-rata lebih baik dari siswa yang memiliki Kemampuan Berpikir Logis dibawah rata-rata dan ada interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training dengan Kemampuan Berpikir Logis dalam meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 War p |
Keywords: | Model pembelajaran; Inquiry training; Macromedia flash; Kemampuan berpikir logis; Keterampilan sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 03:01 |
Last Modified: | 28 Feb 2017 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23339 |