Rahmi (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY PADA SISWA SMKN 1 SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146171068 COVER.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
2. NIM. 8146171068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
3. NIM. 8146171068 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM. 8146171068 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM. 8146171068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM. 8146171068 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 8146171068 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
8. NIM. 8146171068 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
12. NIM. 8146171068 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
13. NIM. 8146171068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis dan effektif, secara khusus bertujuan untuk: 1) Mengetahui kualitas produk pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah (validitas, kepraktisan dan keeffektifan) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa; 2) Mengetahui peningkatan komunikasi siswa yang belajar menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah; 3) Mengetahui peningkatan self-efficacysiswa yang belaja rmenggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah pengembangan perangkat pembelajaran. Penelitian inimenggunakan model 4-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Validitas produk a) RPP meliputi aspek kelayakan format, bahasa dan isi dengan total skor 4,26 berada dalam kategori “Valid”; b) Buku siswa meliputi aspek kelayakan format, bahasa, isi, penyajian dan kegrafikan dengan skor total 4,50 dan berada dalam kategori ‘Valid”; c) LKS dengan skor 4,37 berada dalam kategori “Valid”; d) Tes kemampuan komunikasi matematis berada dalam katagori valid; e) Self efficacy berada dalam kategori valid. (2) Analisis kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan dilihat dari 2 (dua) aspek, yaitu: a) penilaian ahli/praktisi perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut dinyatakan dapat digunakan dengan sedikit revisi atau tanpa revisi; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran di kelas termasuk dalam kategori minimal tinggi. Rata-rata nilai pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran padaujicoba 1 adalah 3,25. Rata-rata nilai pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran padaujicoba 2 adalah 3,41. (3) Keefektifan produk: a) Ketuntasan belajar siswa. Dari hasi luji coba 1 sebesar 76,7 % sedangkan untuk uji coba 2 sebesar 86,67%, dengan demikian nilai ketuntasan hasil belajar siswa meningkat sebanyak 9,97%; b) Aktivitas siswa menunjukkan seluruh kategori aktivitas siswa (5 kategori) telah berada pada interval toleransi waktu ideal yang ditetapkan. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang sulit ditingkatkan terletak pada indikator menyatakan masalah sehari-hari kedalam bahasa atau symbol matematiks ebesar 0,12. Peningkatan self-efficacy tertinggi terdapat pada indicator Menghasilkan prestasi yaitu sebesar 2,4.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 9 Rah p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Model 4-D; PBL; Komunikasi matematis; Self efficacy |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 02:43 |
Last Modified: | 28 Feb 2017 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23336 |