Lubis, Yeyen Wulandari PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DAN JIGSAW PADA MATERI PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 2 TEBING TINGGI T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3123131065 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. NIM 3123131065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
3. NIM 3123131065 PREFACE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM 3123131065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM 3123131065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
6. NIM 3123131065 TABLE .pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
7. NIM 3123131065 ILLUSTRATION .pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
8. NIM 3123131065 APPENDICES .pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9. NIM 3123131065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
14. NIM 3123131065 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
15. NIM 3123131065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Heads Together, (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan model Jigsaw, (3) perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Heads Together dan Jigsaw pada materi pengetahuan dasar geografi kelas X SMA Negeri 2 Tebing Tinggi T.P 2016/ 2017.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 2 Tebing Tinggi Tahun 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Ilmu Sosial yang terdiri dari empat dan berjumlah 139 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas (purposive sampling) yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol berjumlah 68 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan komunikasi tidak langsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Heads Together memiliki rata-rata 72,8 pada aspek afektif, 71,79 pada aspek kognitif dan 73,18 pada aspek psikomotorik (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan model Jigsaw memiliki rata-rata 83,5 pada aspek afektif, 81,48 pada aspek kognitif dan 82,62 pada aspek psikomotorik (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Heads Together dan Jigsaw pada materi pengetahuan dasar geografi kelas X SMA Negeri 2 Tebing Tinggi T.P 2016/2017, yang ditunjukkan oleh uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan nilai (2,29) > (1,998) dengan dk 66 pada taraf = 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 GEO 012 |
Keywords: | Geografi, Hasil Belajar, Psikomotorik |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 04:14 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23295 |