Panjaitan, Richard Arnis (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DI KELAS IX SMP NEGERI 13 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123111066 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM.4123111066 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
3.NIM 4123111066 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4.NIM 4123111066 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
5. NIM.4123111066 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6.NIM 4123111066 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7.NIM 4123111066 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8.NIM 4123111066 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9.NIM.4123111066 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
10.NIM 4123111066 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
11. NIM 4123111066 BAB I.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
15. NIM 4123111066 BAB V.PDF - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana strategi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas IX SMP negeri 13 Medan T.A 2016/2017, (2) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa ketika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas IX SMP negeri 13 Medan T.A 2016/2017, (3) untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas IX di SMP negeri 13 Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-I SMP Negeri 13 Medan T.A 2016/2017 yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 13 Medan T.A 2016/2017. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis I diperoleh 17 siswa (53,12%) dari 32 siswa telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya ≥70). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis II diperoleh 28 siswa (87,5%) dari 32 siswa yang telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya ≥70). Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis siswa untuk setiap aspek yang diteliti, persentase siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematika minimal kategori sedang (nilainya ≥ 70) pada aspek menggambar sebesar 51,18%, pada aspek representasi sebesar 40,63%, pada aspek menulis/menjelaskan sebesar 40,15%. Dan pada siklus II terjadi peningkatan seperti berikut : persentase siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya ≥ 70) pada aspek menggambar sebesar 87,50%, pada aspek representasi sebesar 84,25%, pada aspek menulis/menjelaskan sebesar 84,38%. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 13 Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 038 |
Keywords: | Komunikasi matematis; Model pembelajaran kooperatif tipe TPS; Pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 03:51 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23286 |