UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DI KELAS IX SMP NEGERI 13 MEDAN T.A 2016/2017

Panjaitan, Richard Arnis (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DI KELAS IX SMP NEGERI 13 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4123111066 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4123111066 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.4123111066 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM.4123111066 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 4123111066 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3.NIM 4123111066 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 4123111066 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4.NIM 4123111066 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.4123111066 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM.4123111066 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM 4123111066 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6.NIM 4123111066 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM 4123111066 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7.NIM 4123111066 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM 4123111066 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8.NIM 4123111066 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM.4123111066 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9.NIM.4123111066 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 10.NIM 4123111066 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
10.NIM 4123111066 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 4123111066 BAB I.pdf]
Preview
Text
11. NIM 4123111066 BAB I.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4123111066 BAB V.PDF]
Preview
Text
15. NIM 4123111066 BAB V.PDF - Published Version

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana strategi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas IX SMP negeri 13 Medan T.A 2016/2017, (2) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa ketika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas IX SMP negeri 13 Medan T.A 2016/2017, (3) untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas IX di SMP negeri 13 Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-I SMP Negeri 13 Medan T.A 2016/2017 yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 13 Medan T.A 2016/2017. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis I diperoleh 17 siswa (53,12%) dari 32 siswa telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya ≥70). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis II diperoleh 28 siswa (87,5%) dari 32 siswa yang telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya ≥70). Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis siswa untuk setiap aspek yang diteliti, persentase siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematika minimal kategori sedang (nilainya ≥ 70) pada aspek menggambar sebesar 51,18%, pada aspek representasi sebesar 40,63%, pada aspek menulis/menjelaskan sebesar 40,15%. Dan pada siklus II terjadi peningkatan seperti berikut : persentase siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya ≥ 70) pada aspek menggambar sebesar 87,50%, pada aspek representasi sebesar 84,25%, pada aspek menulis/menjelaskan sebesar 84,38%. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 13 Medan T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 038
Keywords: Komunikasi matematis; Model pembelajaran kooperatif tipe TPS; Pembelajaran matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Feb 2017 03:51
Last Modified: 27 Feb 2017 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23286

Actions (login required)

View Item
View Item