Azhari, Nur (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW DENGAN TPS DI KELAS VII MTsN TANJUNG MORAWA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123111055 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4123111055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
3. NIM 4123111055 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM 4123111055 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. NIM 4123111055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
6. NIM 4123111055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7. NIM 4123111055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM 4123111055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM 4123111055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
10. NIM 4123111055 BAB I.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
14. NIM 4123111055 BAB V.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
15. NIM 4123111055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan apakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi pecahan di kelas VII MTs Negeri Tanjung Morawa T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Semester I MTs Negeri Tanjung Morawa yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 219 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 36 orang dan kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 14,75 dan skor rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 10,806. Hasil uji t pihak kanan dengan dk = 70 dan = 0,05, diperoleh thitung = 3,9037 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung > ttabel yaitu 3,9037 > 1,668 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas VII MTs Negeri Tanjung Morawa T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 030 |
Keywords: | Kemampuan berpikir kreatif; TTW; TPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 03:45 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23283 |