Nasution, Amri Husein (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DI KELAS XI AK 2 SMK NEGERI 1 PANYABUNGAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. SAMPUL SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN BLUMFIX.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kels XI Ak 2 SMK N1 Panyabungan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi fungsi linier dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) yang ditinjau dari aspek polya, (2) Untuk melihat bagaimana model pembelajaran berbasis masalah (PBM) mengatasi kesulitan siswa dalam dalam menyelesaikan soal cerita pada materi fungsi linier di kelas XI Ak 2 SMK N 1 Panyabungan yang ditinjau aspek polya. (3) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat mencapai standar ketuntasan minimum dalam menyelesaikan soal cerita matematika siswa pada poko bahasan fungsi linier yang ditinjau aspek polya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Ak 2 SMK N1 Panyabungan T.A 2016/2017 yang berjumlah 30 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi fungsi linier. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir pertemuan. Dari hasil analisis data diperoleh hasil: (1) rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I sebesar 73,77 dengan 43,33% dari jumlah siswa yang mengikuti tes kemudian rata-rata meningkat pada siklus II sebesar 83,55 dengan 83,33% dari jumlah siswa yang mengikuti tes dalam hal ini termasuk dalam kategori baik, Berdasarkan hasil pada siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika matematika siswa kelas XI Ak 2 SMK N1 Panyabungan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 039 |
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah; Pembelajaran berbasis masalah; Aspek polya; Fungsi linier |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 03:19 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23275 |