UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVICE PANJANG FOREHAND BULUTANGKIS MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SOSOPAN T.A 2015-2016

Sanjaya, Zaenal (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVICE PANJANG FOREHAND BULUTANGKIS MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SOSOPAN T.A 2015-2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 6113311131 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 6113311131 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 6113311131 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 6113311131 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 6113311131 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 6113311131 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 6113311131 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 6113311131 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 6113311131 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 6113311131 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 6113311131 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 6113311131 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 6113311131 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 6113311131 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 6113311131 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 6113311131 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 6113311131 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 6113311131 BAB I.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 6113311131 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 6113311131 BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 6113311131 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 6113311131 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perbaikan belajar servis
panjang forehand melalui penerapan gaya mengajar resiprokal. pada siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Sosopan Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 36 orang, yang akan diberikan
tindakan berupa pembelajaran servis panjang forehand bulutangkis melalui
penerapan gaya mengajar resiprokal. Metode yang dipakai pada penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di
akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar servis panjang
forehand bulutangkis. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini
dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan
dengan reduksi data dan paparan data.
Hasil penelitian menyimpulkan: (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh
sebanyak 15 orang siswa (41,66%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar
sedangkan 21 orang siswa (58,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar.
(2) Dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 30 orang siswa
(83,33%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 6 orang siswa
(16,66%) masih belum tuntas. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan
bahwa penerapan gaya mengajar resiprokal dapat memberikan perbaikan terhadap
proses hasil belajar servis panjang forehand pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Sosopan Tahun Ajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PJKR 001
Keywords: Pendidikan jasmani, Bulutangkis, gaya mengajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Feb 2017 03:00
Last Modified: 27 Feb 2017 03:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23266

Actions (login required)

View Item
View Item