Sanjaya, Zaenal (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVICE PANJANG FOREHAND BULUTANGKIS MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SOSOPAN T.A 2015-2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6113311131 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 6113311131 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
3. NIM. 6113311131 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4. NIM. 6113311131 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
5. NIM. 6113311131 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
6. NIM. 6113311131 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 6113311131 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 6113311131 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
9. NIM. 6113311131 BAB I.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
13. NIM. 6113311131 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
14. NIM. 6113311131 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perbaikan belajar servis
panjang forehand melalui penerapan gaya mengajar resiprokal. pada siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Sosopan Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 36 orang, yang akan diberikan
tindakan berupa pembelajaran servis panjang forehand bulutangkis melalui
penerapan gaya mengajar resiprokal. Metode yang dipakai pada penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di
akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar servis panjang
forehand bulutangkis. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini
dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan
dengan reduksi data dan paparan data.
Hasil penelitian menyimpulkan: (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh
sebanyak 15 orang siswa (41,66%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar
sedangkan 21 orang siswa (58,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar.
(2) Dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 30 orang siswa
(83,33%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 6 orang siswa
(16,66%) masih belum tuntas. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan
bahwa penerapan gaya mengajar resiprokal dapat memberikan perbaikan terhadap
proses hasil belajar servis panjang forehand pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Sosopan Tahun Ajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 001 |
Keywords: | Pendidikan jasmani, Bulutangkis, gaya mengajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 03:00 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23266 |