Matondang, Nola Irjanina (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123331032 COVER..pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. 4123331032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. 4123331032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
5. 4123331032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. 4123331032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
7. 4123331032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. 4123331032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
9. 4123331032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
10. 4123331032 BAB I .pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
14. 4123331032 BAB V.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
15. 4123331032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
3. 4123331032 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ujung Padang bertujuan untuk
mengembangkan, menstandarisasi, dan uji coba bahan ajar Kimia pada pokok
bahasan termokimia berbasis kontekstual. Penelitian diawali dengan memilih
silabus kurikulum 2013, kemudian menganalisis buku kimia pada pokok bahasan
termokimia. Buku yang sudah dianalisis kemudian disususn dalam bentuk draf
modul. Modul yang sudah disusun di standarisasi dosen dan guru kimia sesuai
dengan angket BSNP yang meliputi kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan
kegrafikan. Rata-rata penilaian dosen dosen dan guru terhadap modul adalah 3,54
yang berarti modul sudah valid dan tidak perlu revisi. Modul yang sudah valid
kemudian di buat dalam bentuk ebook, kemudian di uji cobakan kepada siswa
kelas X IPA 1 SMA N 1 Ujung Padang. Nilai rata-rata pretest siswa adalah 39,0
dan setelah pengajaran dengan modul Termokimia berbasis kontekstual nilai ratarata
postest siswa menjadi 81,8 sedangkan KKM disekolah adalah 70. Hasil
belajar siswa tuntas KKM berarti modul yang dibuat layak di gunakan di SMA /
MA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 013 |
Keywords: | Bahan Berbasis Kontekstual, Kelayakan BSNP, Standarisasi, Uji Coba Modul. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Feb 2017 05:43 |
Last Modified: | 25 Feb 2017 05:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23252 |