Cibro, Kartina (2017) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA SUB MATERI ALKANAALKENAALKUNA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123331021 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2 NIM 4123331021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
3 NIM 4123331021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4 NIM 4123331021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
5 NIM 4123331021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6 NIM 4123331021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
7 NIM 4123331021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
8 NIM 4123331021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9 NIM 4123331021 BAB I.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
13 NIM 4123331021 BAB V.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
14 NIM 4123331021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang
diajar dengan model problem based learning menggunakan media power point
lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvesional
menggunakan media power point. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
pretest-postest control group design. Pengambilan sampel secara teknik random
sampling dengan mengambil 2 kelas. Sampel kelas eksperimen dan kontrol
masing-masing 25 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil
belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal.
Kelas eksperimen diberi perlakuan model problem based learning dengan media
power point, sedangkan kelas kontrol diberi pembelajaran konvesional dengan
media power point. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah
diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan
homogenitasnya, hasil yang didapat dari kelompok sampel homogen dan
berdistribusi normal. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas
eksperimen memiliki rata-rata nilai pretest 38,2 dan postest 76,8. Sedangkan
siswa pada kelas kontrol rata-rata nilai pretest 38,8 dan postest 67,2. Uji hipotesis
pertama dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji satu pihak (pihak kanan)
dan diperoleh thitung = 4,1065; ttabel = 1,6827 untuk α= 0,05 dan db = 46. Dengan
demikian thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima yakni hasil belajar siswa
yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning dengan media
power point lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan model
pembelajaran konvesional dengan menggunakan media power point pada materi
alkana, alkena alkuna. Dengan melihat keberhasilan belajar menggunakan
problem based learning dengan menggunakan media power point pada pokok
materi alkana, alkena alkuna, diharapkan model pembelajaran ini dapat
diaplikasikan dalam pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 009 |
Keywords: | Hidrokarbon, Arti Media, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Feb 2017 05:25 |
Last Modified: | 25 Feb 2017 05:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23249 |