Shanti (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DANMAKE A MATCH (MAM) PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MIASMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2 0 1 5 / 2 0 1 6. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 4123141089 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
NIM. 4123141089 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
NIM. 4123141089 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
NIM. 4123141089 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
NIM. 4123141089 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
NIM. 4123141089 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
NIM. 4123141089 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
NIM. 4123141089 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
NIM. 4123141089 BAB I.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
NIM. 4123141089 BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
NIM. 4123141089 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 3 Medan ini bertujuan untuk
mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran
Snowball Throwing dengan Make A Match (MAM). Jenis penelitian yang
digunakan adalah eksperimen semu dengan memberikan perlakuan kepada kedua
kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X MIA SMA Negeri 3 Medan yaitu sebanyak 14 kelas dengan rata-rata
jumlah siswa 40 orang. Sampel penelitian diambil dua kelas yang ditentukan
dengan teknik random sampling, yaitu kelas Make A Match (X MIA2) dan kelas
Snowball Throwing (X MIA3) masing-masing sebanyak 40 siswa. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu untuk
soal postes sebanyak 30 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan
reliable. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan
homogenitas data. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan
homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan
diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil
penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan
menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi dari hasil
belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Make A Match
dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,251 > 1,994 pada
taraf α = 0,05. Hasil belajar siswa kelas Make A Match diperoleh rata-rata postes
sebesar 75,91 sedangkan hasil belajar siswa kelas Snowball Throwing rata-rata
postes 79,58. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai postes siswa pada kelas
Snowball Throwing 95% mencapai KKM sedangkan postes kelas Make A Match
sebanyak 75% siswa mencapai KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 019 |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Snowball Throwing, Make A Match, ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Feb 2017 04:32 |
Last Modified: | 25 Feb 2017 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23243 |