Handayani, Putri (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA HERBARIUM DAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI TUMBUHAN BERBIJI (Spermathopyta) DI KELAS X SMA SWASTA ERIA MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141076 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 4123141076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
3. NIM. 4123141076 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
4. NIM. 4123141076 PREFACE.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
5. NIM. 4123141076 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 4123141076 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7. NIM. 4123141076 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 4123141076 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 4123141076 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
13. NIM. 4123141076 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM. 4123141076 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMA Swasta Eria Medan ini bertujuan untuk
mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar dengan menggunakan media
herbarium dan media gambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen
dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Eria
Medan yaitu sebanyak 7 kelas dengan jumlah siswa 290 orang. Sampel penelitian
diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas
Eksperimen I (X-4) dan kelas Eksperimen II (X-5) masing-masing sebanyak 33
siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk
objektifitas yaitu untuk soal postest sebanyak 30 soal yang masing-masing telah
dinyatakan valid dan reliabel. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji
normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik
Liliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang
dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen.
Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar yang diajarkan
menggunakan media herbarium dan media gambar dengan hasil pengujian
hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 2,79>1,997 pada taraf = 0,05. Hasil belajar
siswa kelas Eksperimen I diperoleh rata-rata postest sebesar 73,5. Sedangkan hasil
beajar siswa kelas Eksperimen II rata-rata postest sebesar 66,1.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 026 |
Keywords: | Media Herbarium, Media Gambar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QL Zoology > QL799 Morphology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Feb 2017 04:12 |
Last Modified: | 25 Feb 2017 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23241 |