PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI RPL SEMESTER GANJIL DI SMK NEGERI 1 PATUMBAK T.P. 2016/2017

Hardianti, Suci (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI RPL SEMESTER GANJIL DI SMK NEGERI 1 PATUMBAK T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1_NIM 4121121028_COVER.pdf]
Preview
Text
1_NIM 4121121028_COVER.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 2_NIM 4121121028_APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2_NIM 4121121028_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 3_NIM 4121121028_ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3_NIM 4121121028_ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 4_NIM 4121121028_PREFACE.pdf]
Preview
Text
4_NIM 4121121028_PREFACE.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 5_NIM 4121121028_TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5_NIM 4121121028_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 6_NIM 4121121028_ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6_NIM 4121121028_ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 7_NIM 4121121028_TABLES.pdf]
Preview
Text
7_NIM 4121121028_TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8_NIM 4121121028_APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8_NIM 4121121028_APPENDICES.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 9_NIM 4121121028_CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9_NIM 4121121028_CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[thumbnail of 13_NIM 4121121028_CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13_NIM 4121121028_CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 14_NIM 4121121028_BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14_NIM 4121121028_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching
dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida
dinamis kelas XI RPL semester ganjil di SMK Negeri 1 Patumbak T.P. 2016/2017.
Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan desain two group pretest
posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas XI RPL semester
ganjil yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive
random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas XI RPL 1 sebagai kelas
eksperimen dengan model pembelajaran quantum teaching yang berjumlah 30 orang
dan kelas XI RPL 2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional
yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes
pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah divalidkan
oleh validator. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian adalah
uji t. Sebagai uji prasyarat digunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah
37,3 dan kelas kontrol adalah 38, setelah pembelajaran selesai diberikan posttest
dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 75,2 dan kelas kontrol 62,2. Analisis uji
normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi
normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t satu pihak
diperoleh thitung > ttabel yaitu (5,2 > 1,671), artinya ada perbedaan yang signifikan
dalam penggunaan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar
siswa pada materi fluida dinamis kelas XI RPL semester ganjil di SMK Negeri 1
Patumbak T.P 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 017
Keywords: quasi eksperiment, quantum teaching, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Feb 2017 03:28
Last Modified: 25 Feb 2017 03:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23236

Actions (login required)

View Item
View Item