Hardianti, Suci (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI RPL SEMESTER GANJIL DI SMK NEGERI 1 PATUMBAK T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1_NIM 4121121028_COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
2_NIM 4121121028_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
3_NIM 4121121028_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4_NIM 4121121028_PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5_NIM 4121121028_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
6_NIM 4121121028_ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
7_NIM 4121121028_TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8_NIM 4121121028_APPENDICES.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
9_NIM 4121121028_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
13_NIM 4121121028_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
14_NIM 4121121028_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching
dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida
dinamis kelas XI RPL semester ganjil di SMK Negeri 1 Patumbak T.P. 2016/2017.
Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan desain two group pretest
posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas XI RPL semester
ganjil yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive
random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas XI RPL 1 sebagai kelas
eksperimen dengan model pembelajaran quantum teaching yang berjumlah 30 orang
dan kelas XI RPL 2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional
yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes
pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah divalidkan
oleh validator. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian adalah
uji t. Sebagai uji prasyarat digunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah
37,3 dan kelas kontrol adalah 38, setelah pembelajaran selesai diberikan posttest
dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 75,2 dan kelas kontrol 62,2. Analisis uji
normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi
normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t satu pihak
diperoleh thitung > ttabel yaitu (5,2 > 1,671), artinya ada perbedaan yang signifikan
dalam penggunaan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar
siswa pada materi fluida dinamis kelas XI RPL semester ganjil di SMK Negeri 1
Patumbak T.P 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 017 |
Keywords: | quasi eksperiment, quantum teaching, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Feb 2017 03:28 |
Last Modified: | 25 Feb 2017 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23236 |