Putri, Utami (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 LUBUKPAKAM TAHUN AJARAN 2 015 /2 01 6. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123121077 COVER.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
2. NIM. 4123121077 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
3. NIM. 4123121077 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM. 4123121077 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
5. NIM. 4123121077 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
6. NIM. 4123121077 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 4123121077 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
8. NIM. 4123121077 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
9. NIM. 4123121077 BAB I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
13. NIM. 4123121077 BAB V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
14. NIM. 4123121077 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran
Berbasis Masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis
di kelas XI SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group
pretest-posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA
SMA Negeri 1 Lubukpakam. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara classter
random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI MIA 5 sebagai kelas
Eksperimen dan kelas XI MIA 6 sebagai kelas Kontrol dengan masing-masing
berjumlah 23 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar
siswa adalah tes hasil belajar berbentuk essay tes dengan jumlah 10 soal yang
sudah divalidasi dan lembar afektif dan psikomotorik siswa. Statistik yang
digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian adalah uji t. Sebagai uji prasyarat
digunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh
hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah memiliki
peningkatan yang lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diterapkan model
pembelajaran langsung pada materi fluida dinamis di kelas XI semester II SMA
Negeri 1 Lubukpakam Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 040 |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar, Fluida Dinamis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Feb 2017 03:15 |
Last Modified: | 25 Feb 2017 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23234 |