PENGARUH BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LAGUBOTI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Lumban Gaol, Hery V. PENGARUH BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LAGUBOTI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2123111027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2123111027 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2123111027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2123111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (770kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2123111027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2123111027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2123111027 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2123111027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2123111027 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2123111027 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2123111027 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2123111027 TABLES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2123111027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2123111027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 2123111027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
11. NIM 2123111027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2123111027 REFERENCE.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2123111027 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan ajar bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Laguboti Tahun Pembelajaran 2016/2017.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Negeri 1 Laguboti yang berjumlah 104 orang. Dari populasi ini diambil sampel yang terdiri dari 64 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara mengundi seluruh kelas X SMK Negeri 1 Laguboti. Metode penelitian yang digunakan adalah model desain penelitian one group pre-test post-test design yang hanya dilakukan pada dua kelas saja.
Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Distribusi data yang diperoleh: rata-rata pre-test sebesar 67,31 dengan standar deviasi 8,07, sedangkan rata-rata post-test sebesar 79,34 dengan standar deviasi 6,72. Hasil perhitungan uji normalitas: data pre-test diperoleh harga Lhitung = 0,13 dan Ltabel = 0,15. Ternyata L_hitung<L_tabel (0,13< 0,15). Hal ini menunjukkan bahwa data pre-test berdistribusi normal. Data post-test diperoleh harga Lhitung = 0,07 dan Ltabel = 0,15. Ternyata L_hitung<L_tabel (0,07< 0,15). Hal ini menunjukkan bahwa data post-test berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,42 sedangkan Ftabel = 1,84. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan uji “t” diperoleh thitung = 7,38 sedangkan ttabelpada taraf signifikansi 5% dengan df= (N1+N2) – 2 = 60.Pada tabel t dengan df = 60 diperoleh ttabel taraf signifikansi 5% = 2,00. Kriteria pengujian menyatakan bahwa Ha diterima jika thitung> ttabel (7,38>2,00),hal ini membuktikan adanya peningkatan yang signifikan dengan menggunakan surat kabar sebagai bahan ajar bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Laguboti Tahun Pembelajaran 2016/ 2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 410.071 2 Lum p
Keywords: bahan ajar bahasa indonesia; karangan narasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Feb 2017 09:20
Last Modified: 24 Feb 2017 09:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23221

Actions (login required)

View Item
View Item