Lumban Gaol, Hery V. PENGARUH BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LAGUBOTI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2123111027 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 2123111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (770kB) | Preview
3. NIM 2123111027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
4. NIM 2123111027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM 2123111027 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM 2123111027 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM 2123111027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
11. NIM 2123111027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
12. NIM 2123111027 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan ajar bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Laguboti Tahun Pembelajaran 2016/2017.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Negeri 1 Laguboti yang berjumlah 104 orang. Dari populasi ini diambil sampel yang terdiri dari 64 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara mengundi seluruh kelas X SMK Negeri 1 Laguboti. Metode penelitian yang digunakan adalah model desain penelitian one group pre-test post-test design yang hanya dilakukan pada dua kelas saja.
Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Distribusi data yang diperoleh: rata-rata pre-test sebesar 67,31 dengan standar deviasi 8,07, sedangkan rata-rata post-test sebesar 79,34 dengan standar deviasi 6,72. Hasil perhitungan uji normalitas: data pre-test diperoleh harga Lhitung = 0,13 dan Ltabel = 0,15. Ternyata L_hitung<L_tabel (0,13< 0,15). Hal ini menunjukkan bahwa data pre-test berdistribusi normal. Data post-test diperoleh harga Lhitung = 0,07 dan Ltabel = 0,15. Ternyata L_hitung<L_tabel (0,07< 0,15). Hal ini menunjukkan bahwa data post-test berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,42 sedangkan Ftabel = 1,84. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan uji “t” diperoleh thitung = 7,38 sedangkan ttabelpada taraf signifikansi 5% dengan df= (N1+N2) – 2 = 60.Pada tabel t dengan df = 60 diperoleh ttabel taraf signifikansi 5% = 2,00. Kriteria pengujian menyatakan bahwa Ha diterima jika thitung> ttabel (7,38>2,00),hal ini membuktikan adanya peningkatan yang signifikan dengan menggunakan surat kabar sebagai bahan ajar bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Laguboti Tahun Pembelajaran 2016/ 2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 2 Lum p |
Keywords: | bahan ajar bahasa indonesia; karangan narasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 24 Feb 2017 09:20 |
Last Modified: | 24 Feb 2017 09:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23221 |