Tumanggor, Robi Hidayat (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MEDIA MODIFIKASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 29 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6123111081 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM 6123111081 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
3. NIM 6123111081 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4. NIM 6123111081 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM 6123111081 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 6123111081 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM 6123111081 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM 6123111081 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. NIM 6123111081 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
13. NIM 6123111081 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
14. NIM 6123111081 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tolak peluru
melalui pendekatan saintifik dan media modifikasi pada siswa kelas VIII SMP
Negeri 29 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini bersifat
penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri
dari 35 siswa, 19 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses pelaksanaan tolak
peluru.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka berdasarkan hasil data
awal pada siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Medan. Dari 35 siswa terdapat 28
siswa (80%) yang tidak tuntas dan 7 siswa (20%) yang telah mencapai tingkat
ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 50,47. Hasil dari siklus
I terdapat 19 siswa (54%) yang tidak tuntas dan 16 siswa (46%) dari 35 siswa
yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar
siswa 63,57. Di siklus II terdapat 5 siswa (14%) yang tidak tuntas dan 30 siswa
(86%) dari 35 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai
rata-rata 78,8. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (≥85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan
Melalui pendekatan saintifik dan media modifikasi dapat meningkatkan hasil
belajar tolak peluru pada siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Medan Tahun Pelajaran
2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 030 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Atletik, Tolak Peluru |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Feb 2017 08:24 |
Last Modified: | 24 Feb 2017 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23207 |