Dewi, Ratna (2017) IMPLEMENTSI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3123131049 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 3123131049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
3. NIM. 3123131049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 3123131049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM. 3123131049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 3123131049 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 3123131049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
8. NIM. 3123131049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
13. NIM. 3123131049 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 3123131049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran geografi di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli - Agustus 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X dan XI dengan jumlah siswa/i orang yang ada SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (Random Sampling) sehingga terpilih kelas X-IIS1 dengan jumlah siswa/i orang dan XI-IIS3 dengan jumlah siswa/i orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi langsung dengan menggunakan pedoman wawancara dan lembar, kemudian data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran geografi di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017 yang dilihat berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Proses Pelaksanaan Pembelajaran. Dilihat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran guru memperoleh skor rata-rata 73,67% yang termasuk kedalam kategori B baik. Sedangkan dilihat dari proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada dari kegiatan pendahuluan memperoleh skor rata-rata 88,88% pada kegiaatan inti memperoleh skor rata-rata 79,16% dan pada kegiataan penutup penutup memperoleh nilai skor rata-rata 70,83%. Sehingga secara keseluruhan Proses Pelaksanaan Pembelajaran Memperoleh skor rata-rata memperoleh nilai skor rata-rata 79,62% dan termasuk kedalam kategori baik. Nilai karakter yang muncul dalam proses pembelajaran yang dimulai dari kegiataan pendahuluan, inti dan penutup yaitu nilai karakter sopan santun, religious rasa ingin tahu, tanggung jawab, mandiri, kerjasama, peduli lingkungan, percaya diri, kreatif, kritis, saling menghargai, kerja keras, dan logis. meskipun dalam pelaksaannya masih terdapat kendala-kendala yang dihadapi oleh guru maupun peserta didik yang berasal dari lingkungan sekolah maupun luar lingkungan sekolah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017 dikategorikan B (baik).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 GEO 007 |
Keywords: | Pendidikan karakter; Kurikulum 2013; Pembelajaran geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Feb 2017 03:58 |
Last Modified: | 24 Feb 2017 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23202 |