Damanik, Aulia Ahsania (2017) HUBUNGAN PROFESIONALISME GURU GEOGRAFI DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI SE KOTA TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3121131002 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM 3121131002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
3. NIM 3121131002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM 3121131002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. NIM 3121131002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 3121131002 TABLES.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7. NIM 3121131002 DAFTAR PETA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 3121131002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
13. NIM 3121131002 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 3121131002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui profesionalisme guru Geogrfi di SMA Negeri Se Kota Tebing Tinggi yang sudah memiliki sertifikasi guru. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran guru Geografi yang sudah memiliki sertifikasi guru di SMA Negeri se Kota Tebing Tinggi. (3) Untuk mengetahui hubungan profesionalisme guru Geografi dengan pelaksanaan pembelajaran Geografi di SMA Negeri se Kota Tebing Tinggi. Metode penelitian ini ialah penelitian korelasi (correlation research), dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri Se Kota Tebing Tinggi tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Multi Stage Cluster Random Sampling.. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 1 Tebing Tinggi kelas XI IPS 3 berjumlah 31siswa. SMA N 2 Kelas XI IPS Tebing Tinggi berjumlah 30 siswa, dan SMA N 4 Tebing Tinggi Kelas XI IPS 1 berjumlah 29 siswa. Penelitian ini menggunakan metode angket dan observasi. Terdapat hubungan antara profesionalisme guru geografi dengan pelaksanaan pembelajaran geografi dengan signifikasi 5%, hal ini mengindifikasikan terdapat korelasi yang signifikan antara variabel x dan variabel y. Hasil koefesiensi determinan sebesar 11 %, maka dapat diketahui bahwa profesionalisme guru dapat mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran siswanya sebesar 11% dan ini berarti 89 % lagi dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dengan demikian profesionalisme guru dengan baik maka akan menghasilkan pelaksanaan pembelajaran pada siswa yang baik pula. Walaupun profesionalisme guru bukanlah satu-satunya faktor dalam menentukan baik tidak nya pelaksanaan pembelajaran yang diraih siswa. Faktor tersebut dapat berupa faktor eksternal lainnya seperti kualitas pengajaran,lingkungan belajar, sarana pengajaran dan kurikulum. Kemungkinan juga faktor internal diantaranya tingkat kecerdasan, bakat, minat, motivasi,dan sebagainya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 GEO 005 |
Keywords: | Guru; Profesionalisme; Kompetensi; Strategi pembelajaran; Model pembelajaran; Geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Feb 2017 08:31 |
Last Modified: | 23 Feb 2017 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23194 |