AKUNTABILITAS KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH AL-WASHLIYAH DALAM PENINGKATAN MUTU LULUSAN

Royanta (2006) AKUNTABILITAS KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH AL-WASHLIYAH DALAM PENINGKATAN MUTU LULUSAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 045030400 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 045030400 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (607kB) | Preview
[thumbnail of 2. 045030400 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. 045030400 Abstrak.pdf - Published Version

Download (528kB) | Preview
[thumbnail of 3. 045030400 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. 045030400 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 4. 045030400 Bab I.pdf]
Preview
Text
4. 045030400 Bab I.pdf - Published Version

Download (741kB) | Preview
[thumbnail of 5. 045030400 Bab V.pdf]
Preview
Text
5. 045030400 Bab V.pdf - Published Version

Download (499kB) | Preview
[thumbnail of 6. 045030400 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. 045030400 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena didasarkan kepadamaksud ingin mengungkapkan sejauhmana akuntabibtas kepala Madrasah Tsanawiyah dalam Peningkatan Mutu. Untuk memperoleh data dan informasi dalam menjawab permasalahan dalam tujuan tersebut maka peneliti rnenggunakan teknik observasi, wawancara dan kajian dokumen.Dalam menganalisis data yang dikumpulkan dari lokasi penelitian, peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif yang disarankan Miles dan Huberman (1984), dengan langkah; reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan.Temuan Penelitian ini ada tiga, yaitu: Pertama, peran kepala madrasah sebagai pimpinan dalam peningkatan mutu lulusan dilaksanakan penyusunan visi, misi, tujuan, rencana dan mengorganisir serta menempatkan personil sesuai keahliannya serta mengembangkan struktur organisasi madrasah.Kedua, pelaksanaan program peningkatan mutu lulusan dilaksanakan oleh kepala madrasah melalui kebijakan manajemen peningkatan mutu bidang pengajaran pada MTs Al Wasliyah Tembung setelah otonomi daerah, yaitu: mengatur jadwal jam belajar siswa, peningkatan mutu pengajaran, implementasi KBK/kurikulum kemudian peningkatan mutu bidang keguruan mencakup kegiatan pengembangan dalam struktur organisasi madrasah, memberikan insentif tambahan bagi guru, menetapkan standar mutu guru, menetapkan guru BP, melaksanakan supervisi pengajaran, menetapkan tugas-tugas guru wali kelas, mengangkat guru tetap yayasan, menetapkan disiplin guru/karyawan, menetapkan tugas pembina laboratorium dan perpustakaan. Sedangkan peningkatan bidang kesiswaan pada MTs Al Wasliyah yaitu: memberdayakan OSIS, menetapkan dan mensosialisasikan tata tertibKetiga, akuntabilitas kepala madrasah dalam peningkatan mutu lulusan dilaksanakan terhadap kepala seksi Mapenda Kandepag Kabupaten Deli Serdang, Majelis Pendidikan DPW Al Washliyah Provinsi Sumatera Utara, dan kepada komite madrasah dan masyarakat dengan memberikan laporan rencana tahunan, memberitahukan pelaksanaan dan mengundang pihak terkait, memberikan laporan akhir semester dan tahun pelajaran, serta memberikan laporan raport siswa serta laporan kegiatan ekstra kurikuler dan kegiatan ibadah siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.144 Roy a
Keywords: Sekolah; Madrasah; Kepala sekolah; Akuntabilitas; Mutu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 25 Apr 2016 05:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2318

Actions (login required)

View Item
View Item