Tanjung, Taufiq Akbar (2016) PERBANDINGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS VIII IPA SMP SWASTA AN-NIZAM MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4113341044 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2 NIM 4113341044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
3 NIM 4223341044 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4 NIM 4113341044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5 NIM 4113341044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
6 NIM 4113341044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7 NIM 4113341044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8 NIM 4113341044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
9 NIM 4113341044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
10 NIM 4113341044 BAB I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
14 NIM 4113341044 BAB V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
15 NIM 4113341044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan pendekatan saintifik pada materi pokok pertumbuhan dan perkembangan di kelas VIII IPA SMP Swasta An-Nizam Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 4 kelas. Yang menjadi sampel penelitian ada 2 kelas (KelasVIII IPA A dan VIII IPA B) yang diambil secara acak. Pada kelas pertama pembelajaran diadakan dengan menggunakan pendekatan saintifik dan kelas kedua pembelajaran dilakukan dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Sebelum proses belajar mengajar dimulai, terlebih dahulu dilakukan pretest, dan setelah selesai pengajaran dilakukan posttest dengan soal yang sama. Uji validitas dari 45 butir soal ada 37 butir soal yang valid. Dengan demikian 30 butir soal yang digunakan sebagai pengumpul data hasil belajar siswa. Data penelitian diolah untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan dengan menggunkan uji statistik t dan hasil penelitian terlebih dahulu diolah untuk mencari rata-rata (mean) dan Standard Deviasi (SD). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan kontekstual dengan pendekatan saintifik. Nilai rata-rata skor per pretest siswa kelas saintifik 3,759 dengan Standard Deviasi 1,0437. Nilai rata-rata skor postest siswa kelas saintifik 7,402 dengan Standard Deviasi 0,9329. Nilai rata-rata skor pre tes kelas kontekstual 3,555 dengan Standard Deviasi sebesar 0,9329. Nilai rata-rata skor posttest kelas kontekstual 7,014 dengan Standard Deviasi sebesar 0,8295. Dari pengujian hipotesis taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 1,0145< ttabel = 1,9907 maka H0 diterima, Ha ditolak, berarti pada kemampuan awal tidak ada perbedaan hasil belajar siswa. Sedangkan dari hasil perhitungan hipotesis taraf signifikan α = 0,05 untuk data pos test diperoleh thitung = 2,2532 < ttabel = 1,9907. Jadi didapat bahwa thitung > ttabel, maka Ha diterima, H0 ditolak berarti ada perbedaan antara hasil belajar siswa di kelas VIII IPA A dengan menggunakan pendekatan saintifik dan VIII IPA B dengan menggunakan pendekatan kontekstual, dari hasil uji hipotesis diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan Pendekatan Saintifik lebih baik dibandingkan yang menggunakan pendekatan kontekstual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 017 |
Keywords: | Pendekatan kontekstual; Pendekatan saintifik; Hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Feb 2017 03:23 |
Last Modified: | 23 Feb 2017 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23174 |