Rambe, Darliani (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK VIRUS DI MAN RANTAU PRAPAT T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123341009 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 4123341009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
3. NIM 4123341009 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM 4123341009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. NIM 4123341009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM 4123341009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
7. NIM 4123341009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM 4123341009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM 4123341009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
10. NIM 4123341009 BAB I.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
14. NIM 4123341009 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
15. NIM 4123341009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di MAN Rantau Prapat ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan tipe Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Rantau Prapat yaitu sebanyak 2 kelas dengan rata-rata jumlah siswa 42 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total berupa sampel yang diambil dari 2 kelas yaitu kelas XIPA3 dan kelas XIPA4 sebanyak 84 orang.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu untuk soal pretes dan soal postes sebanyak 30 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Team Games Tournament(TGT) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Numbered Head Together (NHT) dengan hasil pengujian hipótesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 4,315 > 1,987 pada taraf , yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak sekaligus menerima Ha. Disimpulkan bahwa ada perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi virus di MAN Rantau Prapat tahun pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 021 |
Keywords: | Hasil belajar siswa; Team games tournament (TGT); Numbered head together (NHT) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 08:20 |
Last Modified: | 22 Feb 2017 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23154 |