Harahap, Desy Putriyani (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK BAHASAN VIRUS DI KELAS X MAN RANTAU PRAPAT T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123341012 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM 4123341012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
3. NIM 4123341012 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4. NIM 4123341012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5. NIM 4123341012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6. NIM 4123341012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. NIM 4123341012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM 4123341012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM 4123341012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
10. NIM 4123341012 BAB I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
14. 4123341012 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
15. NIM 4123341012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi Virus di kelas X MAN Rantauprapat T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan tes sebagai alat untuk mendapatkan data penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Rantauprapat T.P. 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 240 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil dengan cara purposive sampling yang terdiri dari 2 kelas, dimana kelas X2 dijadikan sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran ceramah dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang, dan kelas X4 dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan jumlah siswa 40 orang. Sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 orang. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, terlihat adanya pengaruh hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dimana nilai rata-rata postes hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah sebesar 79,12 dan nilai rata-rata postes hasil belajar siswa sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 74,87. Adanya pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F dengan taraf signifikan α = 0,05 , dimana Fhitung > Ftabel (4,37 > 3,96), yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Virus di kelas X MAN Rantauprapat T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 020 |
Keywords: | Hasil belajar; Problem based learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 05:56 |
Last Modified: | 22 Feb 2017 05:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23151 |