Miska, Laina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER GENAP SMA SWASTA NUSANTARA LUBUKPAKAM T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123321028 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2 NIM 4123321028 APPROVAL SHETT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
3 NIM 4123321028 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4 NIM 4123321028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5 NIM 4123321028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6 NIM 4123321028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7 NIM 4123321028 TABLES.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
8 NIM 4123321028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9 NIM 4123321028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
13 NIM 4123321016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14 NIM 4123321028 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester genap SMA Swasta Nusantara Lubukpakam T.P. 2015/2016. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari enam kelas paralel sebanyak 240 orang. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling yaitu kelas X6 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas X5 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional dan masing-masing kelas berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah dilakukan uji persyaratan tes untuk mengukur hasil belajar. Nilai rata-rata pretes kelas ekperimen 46,71 dan kelas kontrol 46,05. Data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dua pihak nilai kedua kelas untuk pretes di peroleh thitung = 0,91 dan ttabel = 1,994 kerana thitung<ttabel maka dapat dinyatakan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas sampel sama. Kemudian diberi perlakuanyang berbeda. Setelah pembelajaran selesai, dilakukan postes hasil rata-rata kelas ekperimen 75,26 dan kelas kontrol 63,02. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data postes berdistribusi normal dan variansnya homogen. Hasil uji t satu pihak nilai kedua kelas diperoleh thitung= 18,54 dan ttabel= 1,667. Karena thitung> ttabel maka Ha diterima yang berarti ada perbedaan, hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester genap SMA Swasta Nusantara Lubukpakam T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 027 |
Keywords: | STAD; Quasi eksperimen; Cluster random sampling; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 05:19 |
Last Modified: | 22 Feb 2017 05:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23147 |