Sirait, Nove Rosalina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 18 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4121121019_COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 4121121019_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
3. NIM. 4121121019_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. NIM. 4121121019_PREFACE.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
5. NIM. 4121121019_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 4121121019_ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 4121121019_TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM. 4121121019_APPENDICS.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM. 4121121019_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
13. NIM. 4121121019_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
14. NIM. 4121121019_BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 18 Medan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA Semester II yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak, yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang berjumlah 6 soal dalam bentuk essay test, lembar observasi sikap, lembar observasi keterampilan, dan lembar observasi aktivitas. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf α = 0,05. Hasil pengujian awal melalui pretes diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 11,7 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol yaitu 10,0. Pengujian data pretes melalui uji normalitas menunjukkan kedua sampel berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,55 dan Ftabel = 2,37 sehingga Fhitung< Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil analisis data dari uji t dua pihak diperoleh thitung = 1,624 < ttabel = 1,999 sehingga H0 diterima berarti kedua kelas sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 50,2 dan kelas kontrol = 41,7. Hasil analisis uji t satu pihak diperoleh thitung = 1,692 dan ttabel = 1,667 sehingga thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima berarti ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 18 Medan T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 038 |
Keywords: | Hasil belajar siswa; Inkuiri terbimbing; Aktivitas siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 04:57 |
Last Modified: | 22 Feb 2017 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23143 |