PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 18 MEDAN T.P. 2015/2016

Sirait, Nove Rosalina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 18 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4121121019_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4121121019_COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4121121019_APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4121121019_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4121121019_ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4121121019_ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4121121019_PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4121121019_PREFACE.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4121121019_TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4121121019_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4121121019_ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4121121019_ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4121121019_TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4121121019_TABLES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4121121019_APPENDICS.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4121121019_APPENDICS.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4121121019_CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4121121019_CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4121121019_CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4121121019_CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4121121019_BIBLOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4121121019_BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 18 Medan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA Semester II yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak, yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang berjumlah 6 soal dalam bentuk essay test, lembar observasi sikap, lembar observasi keterampilan, dan lembar observasi aktivitas. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf α = 0,05. Hasil pengujian awal melalui pretes diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 11,7 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol yaitu 10,0. Pengujian data pretes melalui uji normalitas menunjukkan kedua sampel berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,55 dan Ftabel = 2,37 sehingga Fhitung< Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil analisis data dari uji t dua pihak diperoleh thitung = 1,624 < ttabel = 1,999 sehingga H0 diterima berarti kedua kelas sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 50,2 dan kelas kontrol = 41,7. Hasil analisis uji t satu pihak diperoleh thitung = 1,692 dan ttabel = 1,667 sehingga thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima berarti ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 18 Medan T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 038
Keywords: Hasil belajar siswa; Inkuiri terbimbing; Aktivitas siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Feb 2017 04:57
Last Modified: 22 Feb 2017 04:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23143

Actions (login required)

View Item
View Item