Samosir, Winro Abrianto (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DISMAN 1 DOLOK PANRIBUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123121083 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM 4123121083 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
3. NIM 4123121083 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4. NIM 4123121083 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM 4123121083 PREFACE.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
6.NIM 4123121083 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7.NIM 4123121083 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8.NIM 4123121083 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
9.NIM 4123121083 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
10.NIM 4123121083 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
14. NIM 4123121083 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
15. NIM 4123121083 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD menggunakan Media Macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis kelas XI SMA Negeri 1 Dolok Panribuan T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari empat kelas yaitu kelas XI-IPA2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD menggunakan Media Macromedia flash dan kelas XI-IPA3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 orang yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan Instrumen tes hasil belajar berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal,yang telah divalidasi, dan lembar obsevasi aktivitas siswa. Hasil uji kemampuan awal diperoleh rata-rata hasil pretes kedua kelas sampel thitung< ttabel (0,24<1,99), ini berarti kemampuan awal kedua kelas sama. Dari hasil pengamatan Aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,62 dengan kategori aktif. Hasil uji t rata-rata postes kedua kelas sampel diperoleh thitung> ttabel (5,62>1,67), ini berarti ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD menggunakan Media Macromedia flash tehadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis kelas XI SMA Negeri 1 Dolok Panribuan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 014 |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe STAD; Pembelajaran konvensional; Media macromedia flash; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 04:28 |
Last Modified: | 22 Feb 2017 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23140 |