Umaiyah, Rizky Ulfa (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 KEJURUAN MUDA T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.Nim 4122121028 Cover.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. Nim 4122121028 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
3. NIM 4122121028 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4. Nim 4122121028 Abstrak.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
5.Nim 4122121028 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 4122121028 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7. NIM 4122121028 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM 4122121028 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM 4122121028 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
10. Nim 4122121028 BAB I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
14. Nim 4122121028 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
15. Nim 4122121028 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan adversity quotient terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis dikelas X Semester II SMA Negeri 2 Kejuruan Muda T.P.2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 2 Kejuruan Muda yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 10 kelas secara acak yaitu kelas X-5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu:1) Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 16 soal yang telah divalidasi dan dinyatakan valid oleh validator, 2) Lembar angket adversity quotient yang terdiri atas 20 soal yang telah dinyatakan valid Untuk menguji hipotesis digunakan uji ANAVA Dua Jalur 2X2. Data penelitian menunjukkan, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 35 dan nilai rata-rata kelas kontrol 31,8, Pada desain penelitian ini digunakan pembagian adversity qoutient tinggi dan adversity qoutient sedang. Hasil uji hipotesis mengunakan ANAVA dengan SPSS 16.0 diperoleh pada pengunaan model kooperatif tipe GI dan model konvensional diperoleh taraf signifikan 0,000 maka hipotesis diterima dimana model kooperatif tipe GI memiliki hasil yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional dengan rata-rata 77,7 di kelas eksperimen dan pada kela kontrol dengan rata-rata 62,5, pada adversity quotient diperoleh taraf signifikan 0,00 hipotesis diterima dan pada hubungan antara model dengan advesity qoutient diperoleh taraf signifikan 0,042 sehinga 0,042<0,05 jadi dapat dikatakan ada hubungan antara model dengan adversity quotient.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 032 |
Keywords: | Model kooperatif tipe GI; Hasil belajar; Adversity quotient |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 02:15 |
Last Modified: | 22 Feb 2017 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23135 |