Sitorus, Muda Hartini Tutur Mangasi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) MENGGUNAKAN AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123121040 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. 4123121040 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
3. 4123121040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4. 4123121040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5. 4123121040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. 4123121040 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. 4123121040 TABLES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. 4123121040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. 4123121040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
13. 4123121040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
14. 4123121040 BIBLIOGRPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi suhu dan kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 1 Lubuk Pakam T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Lubuk Pakam T.P 2015/2016 yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 270 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas secara acak yaitu kelas X MIA-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 orang dan kelas X MIA-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa adalah tes soal pemecahan masalah bentuk essay dengan jumlah 10 soal, observasi aktivitas, penilaian afektif dan penilaian keterampilan siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah menggunakan audiovisual terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika di kelas X Semester II SMA Negeri 1 Lubuk Pakam T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 029 |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 02:10 |
Last Modified: | 22 Feb 2017 02:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23134 |