Novita, Sri (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 4 TEBING TINGGI T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123121073 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2 NIM 4123121073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
3 NIM 4123121073 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4 NIM 4123121073 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
5 NIM 4123121073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6 NIM 4123121073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7 NIM 4123121073 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
8 NIM. 4123121073 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9 NIM. 4123121073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
10 NIM 4123121073 BAB I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
14 NIM 4123121073 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
15 NIM 4123121073 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi kinematika gerak lurus di kelas X semester I SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari lima kelas yaitu kelas X-IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas X-IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa soal Essay test dalam ranah kognitif yang terdiri dari 10 soal yang sudah divalidkan oleh validator. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata afektif dan psikomotorik masing-masing dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol rata-rata persentase perkembangan afektif termasuk dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 25,82 dan kelas kontrol adalah 22,38, setelah pembelajaran selesai diberikan posttest dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 79,05 dan kelas kontrol 72,8. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel yaitu (2,55 > 1,67), artinya ada pengaruh yang signifikan penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi kinematika gerak lurus di kelas X semester I SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 025 |
Keywords: | Model inkuiri terbimbing; Hasil belajar; Konvensional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 02:01 |
Last Modified: | 22 Feb 2017 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23132 |