PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 4 TEBING TINGGI T.P 2016/2017

Novita, Sri (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 4 TEBING TINGGI T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 4123121073 COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1 NIM 4123121073 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4123121073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4123121073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 4123121073 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3 NIM 4123121073 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 4123121073 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4 NIM 4123121073 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 4123121073  KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5 NIM 4123121073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 4123121073 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6 NIM 4123121073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 4123121073 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 NIM 4123121073 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 4123121073 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 4123121073 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 4123121073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 4123121073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 10 NIM 4123121073 BAB I.pdf]
Preview
Text
10 NIM 4123121073 BAB I.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4123121073 BAB V.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4123121073 BAB V.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 15 NIM 4123121073 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15 NIM 4123121073 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi kinematika gerak lurus di kelas X semester I SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari lima kelas yaitu kelas X-IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas X-IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa soal Essay test dalam ranah kognitif yang terdiri dari 10 soal yang sudah divalidkan oleh validator. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata afektif dan psikomotorik masing-masing dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol rata-rata persentase perkembangan afektif termasuk dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 25,82 dan kelas kontrol adalah 22,38, setelah pembelajaran selesai diberikan posttest dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 79,05 dan kelas kontrol 72,8. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel yaitu (2,55 > 1,67), artinya ada pengaruh yang signifikan penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi kinematika gerak lurus di kelas X semester I SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 025
Keywords: Model inkuiri terbimbing; Hasil belajar; Konvensional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Feb 2017 02:01
Last Modified: 22 Feb 2017 02:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23132

Actions (login required)

View Item
View Item