Syafei, Imran (2006) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN ETOS KERJA DENGAN KEPUASAN KERJA GURU SD NEGERI KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 035030212 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
2. 035030212 Abstrak.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
3. 035030212 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
4. 035030212 Bab I.pdf - Published Version
Download (583kB) | Preview
5. 035030212 Bab V.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
6. 035030212 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru, untuk mengetahui besar hubungan antara etos kerja guru dengan kepuasan kerja guru SD serta untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan etos kerja secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru.Populasi penelitian adalah seluruh guru negeri sekolah dasar se-Kecamatan Medan Tuntungan sebanyak 304 orang, sedangkan sampel penelitian diambil sebanyak 50 orang. Sebelun dilakukan pengumpulan data terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas dan reliabilitas.Data hasil penelitian diolah dan dilakukan uji linieritas serta homogenitas data. Selanjutnya berdasarkan hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi variabel kepemimpinan transformasional dengan kepuasan kerja guru sebesar 0,349, sedangkan nilai koefisien korelasi etos ketja guru dengan kepuasan kerja guru sebesar 0,808. Berdasarkan uji keberartian koefisien korelasi Xi dengan Y diperoleh t hitung sebesar 2,580 lebih besar dari t table (2,02), hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan berarti antara kepemimpinan transformasional dengan kepuasan kerja guru SD Negeri Kecamatan Medan Tuntungan. Uji keberartian koefisien korelasi X2 dengan Y diperoleh t hitung sebesar 9,496 lebih besar dari t table (2,02), menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan berarti antara etos kerja dengan kepuasan kerja guru SD negeri kecamatan Medan Tuntungan. Dengan demikian hopotesis 1,2 dapat diterima kebenarannya.Secara parsial nilai determinasi ry,1 = 0,134 artinya secara parsial kepemimpinan transformasional mempengaruhi terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri Kecamatan Medan Tuntungan, sedangkan nilai deteminasi ry21 = 0,782 berarti 61,15 % etos kerja guru mempengaruhi kepuasan kerja guru SD Negeri Kecamatan Medan Tuntungan,Diperoleh persamaan regresi ganda antara kepemimpinan transformasional (X1), etos kerja (X)) dengan kepuasan kerja guru SD negeri Kecamatan Medan Tuntungan (Y) adalah • Y = 31,124 + 0,103 X1 + 0,618 X2 adalah berarti pada a -- 0,05. Persamaan ini memberi arti apa bila kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan etos kerja guru ditingkatkan secara bersamaan sebesar 1 poin maka akan diikuti peningkatan kepuasan kerja guru SD Negeri Kecamatan Medan Tuntungan sebesar 1 poin. Hal ini terbukti berdasarkan uji statistik F ternyata nilai F hitung lebih besar dari nilai F table pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin baik kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan etos kerja guru maka kepuasan kerja guru SD Negeri Kecamatan Medan Tuntungan semakin baik.Koefisien determinasi (R2) 0,659 yang berarti 65,90 % variasi skor Y dapat dijelaskan secara bersama-sama oleh variabel Xi dan X2.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.207 Sya h |
Keywords: | Kepuasan kerja; Kepemimpinan transformasional; Kepala sekolah; Motivasi kerja; Disiplin; Produktivitas kerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 23 Apr 2016 05:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2312 |