Hutabarat, Felisa Irawani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 DOLOK MASIHUL T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123321020 COVER.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
2. NIM 4123321013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
3. NIM 4123321020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4. NIM 4123321020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. NIM 4123321020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
6. NIM 4123321020 TABLE.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7. NIM 4123321020 ILLUSTRARION.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
8. NIM 4123321020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
9. NIM 4123321020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
13. NIM 4123321020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
14. NIM 4123321020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di kelas X SMA Negeri 1 Dolok Masihul T.P. 2016/2017. Penelitian merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Dolok Masihul yang berjumlah 280 siswa yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X IPA B (sebagai kelas eksperimen) yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran inkuiri training dan kelas X IPA C (sebagai kelas kontrol) yang diberi perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Data penelitian ada dua macam yaitu dalam bentuk hasil belajar dan observasi aktivitas siswa. Data hasil belajar siswa yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 15 soal dengan lima option jawaban yang sebelumnnya telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 37,71 dan kelas kontrol adalah 41,4, setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 70,11 dan kelas kontrol 62,45. Pada proses pembelajaran Inquiry Training berlangsung dilakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dengan hasil rata-rata nilai aktivitas pada pertemuan pertama 60,26 dan pada pertemuan kedua 81,78, dimana hasilnya dikategorikan aktif sejalan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel ( 2,503 > 1,,669 ), hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di kelas X SMA Negeri 1 Dolok Masihul T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 028 |
Keywords: | Inquiry training; Hasil belajar; Aktivitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 07:31 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23110 |